Tips Agar Tidak Boros Menggunakan Kartu Kredit di Tahun 2022

Tips Agar Tidak Boros Menggunakan Kartu Kredit (TrenAsia)

Menggunakan kartu kredit sangat membantu para penggunanya. Nasabah pengguna kartu kredit dapat melakukan sebuah transaksi menggunakan dana yang dipinjamkan oleh pihak bank dengan limit yang sudah ditentukan.

Anda mungkin sering mendengar larangan menggunakan kartu kredit dari keluarga ataupun kerabat dekat anda. Hal ini dikarenakan penggunaan kartu kredit dianggap sebuah kebiasaan boros dan akan menyulitkan diri ketika jatuh tempo.

Sebenarnya, penggunaan kartu kredit memiliki banyak manfaat, seperti mendapatkan cashback, mendapatkan voucher promo, dan banyak lagi. Penggunaan kartu kredit yang dianggap boros dan dapat menyulitkan diri tidaklah sepenuhnya benar, karena penggunaan kartu kredit diatur oleh nasabah atau penggunanya. TrenAsia telah merangkum beberapa tips agar penggunaan hemat kartu kredit :

1. Lakukan transaksi seperlunya
Saat anda menggunakan kartu kredit, sebaiknya lakukanlah transaksi yang diperlukan dan sesuai dengan kemampuan anda membayar tagihan kartu kredit. Sebagai gambaran, anda memiliki penghasilan Rp5 juta perbulan, sedangkan limit pinjaman kartu kredit anda Rp7 juta. 

Ada baiknya tidak menggunakan seluruh limit kartu kredit tersebut, dikarenakan pembayaran tagihan kartu kredit akan menyulitkan anda dan juga harus membayar bunga ketika terlambat membayar tagihan.

2. Bayar tagihan kartu kredit tepat waktu

Ketika anda mulai menggunakan kartu kredit, artinya anda sanggup dan berkomitmen untuk membayar tagihan setiap bulannya. Sebisa mungkin bayarlah tagihan anda tepat waktu guna menghindari pembengkakan bunga akibat terlambat membayar tagihan.

3. Tarik uang tunai dengan kartu kredit hanya saat diperlukan

Salah satu kelebihan kartu kredit yang dapat dirasakan penggunanya adalah dapat menarik uang tunai sesuai dengan limit kartu kreditnya. Namun, sebaiknya anda menghindari penarikan uang tunai dengan kartu kredit, dikarenakan anda akan merasa selalu memiliki uang saat kartu kredit berada di tangan anda. Hal ini membuat pinjaman anda akan membengak tanpa disadari.

4. Tentukan limit atau batas anggaran

Limit pinjaman kartu kredit, tidak disesuaikan oleh diri sendiri. Namun, disesuaikan oleh pihak bank yang didasarkan dengan  kredit score pengguna kartu kredit. Limit kartu kredit dapat meningkat, ketika penggunanya membayar tagihan tepat waktu dan tidak menunggak, begitu pula sebaliknya. 

Ada baiknya, anda mengatur limit pinjaman kartu kredit anda sesuai dengan anggaran yang dapat anda bayarkan setiap bulannya. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories