Tips Memeriksa Ponsel yang Terlalu Panas

Apakah Ponsel Anda Terlalu Panas? Begini Cara Memeriksanya (Freepik)

JAKARTA - Smartphone sekarang berfungsi seperti komputer yang memiliki banyak manfaat untuk kegiatan sehari-hari. Namun, seperti halnya komputer, smartphone bisa jadi sangat panas.

Smartphone juga bisa terlalu panas ketika digunakan di tempat bersuhu tinggi, menggunakan aplikasi yang menguras daya, atau mengisi daya terlalu cepat.

Cara Mengukur Suhu Ponsel

Seperti yang dilansir dari Gizchina, smartphone memiliki termometer bawaan untuk memeriksa suhu  dan agar dapat bekerja dengan lebih baik. Sensor kecil ini akan membantu proses pengisian daya agar berjalan pada kecepatan yang tepat, menangani tugas dengan lancar dan tetap aman. Selain itu, baterai memiliki termometer sendiri untuk menghentikannya agar tidak terlalu panas yang dapat melukai baterai dan menimbulkan bahaya.

Selain baterai, smartphone juga memiliki termometer lain untuk prosesor, layar, dan kamera. Termometer tersebut akan membantu menemukan hot spot dan memperbaiki masalah.

Untuk mengukur suhu smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan suatu angka-angka tertentu kepada Anda. Beberapa alat pengujian ponsel seperti CPU-Z memberi Anda detail tentang ponsel Anda termasuk suhunya. Hal ini akan membantu Anda apakah ponsel Anda terlalu panas atau tidak.

Setiap ponsel tentu memiliki kisaran suhu yang aman. Jika terlalu panas, maka kinerja ponsel bisa melambat, merusak baterai, atau bahkan memecah baterai. Namun jangan khawatir, pasalnya masih diwajarkan jika ponsel jadi sedikit lebih hangat ketika Anda bermain game atau mengisi daya. Akan tetapi, jika sudah terlalu panas, ada baiknya Anda lebih waspada.

Hal-hal yang membuat ponsel jadi terlalu panas seperti menggunakannya di tempat-tempat yang panas, menjalankan aplikasi yang berat, menggunakan fitur fast charging, dan baterai ponsel usianya sudah tua.

Cara Mendinginkan Ponsel

Agar ponsel Anda tetap dingin, Anda bisa mencoba tips berikut ini.

  1. Jangan gunakan ponsel Anda di tempat yang panas.
  2. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan dan temukan aplikasi yang dapat menghemat daya baterai.
  3. Isi daya ponsel secara perlahan dan jangan gunakan saat ponsel sedang mengisi daya.
  4. Biarkan udara bergerak dengan bebas di sekitar ponsel dengan cara melepas casingnya.
  5. Ganti baterai lama.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa apakah ponsel Anda suhunya terlalu panas atau tidak untuk mencegah timbulnya kerusakan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories