Tips Mengoneksikan AirPods dengan Ponsel Android Anda

Cara Menghubungkan AirPods ke Ponsel Android (Apple)

JAKARTA - Anda mungkin sudah memahami bahwa Apple telah beberapa tahun lalu merilis aksesori berupa earphone tanpa kabel bernama AirPods. AirPods kemudian memiliki beberapa versi, seperti AirPods, AirPods Pro, dan AirPods Max yang memiliki keunggulan dan spesifikasinya sendiri.

Tidak mengherankan melalui inovasinya tersebut ada berbagai merek yang turut meramaikan pasar earphone tanpa kabel ini. Hal ini juga dibutuhkan untuk ponsel Android, apalagi bagi pengguna Android yang ingin merasakan sensasi mendengarkan lagu melalui perangkat seperti AirPods.

Namun, tentu ada halangan yang harus dihadapi bagi pengguna Android. Pada umumnya, ponsel Android sulit untuk compatible dengan aksesori dari Apple.

Akan tetapi, jika Anda sudah mengincar perangkat earbud atau earphone nirkabel Apple tersebut tapi tidak ingin melepaskan perangkat Android Anda, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Seperti yang dilansir dari laman PC Mag, ternyata AirPods, AirPods Pro, dan AirPods Max bukan perangkat eksklusif iOS. AirPods pada dasarnya berpasangan dengan perangkat apapun yang mendukung Bluetooth.

Anda memang tidak akan mendapatkan semua fitur yang disediakan, seperti yang mungkin Anda dapatkan jika Anda menggunakan perangkat Apple. Misalnya, indikator baterai untuk AirPods tidak akan ditampilkan di Ponsel Anda. Selain itu, Siri juga tidak akan tersedia untuk menjawab permintaan Anda.

Namun, Anda tetap dapat mengunduh aplikasi MaterialPods untuk menampilkan masa pakai baterai di perangkat Android dan meluncurkan Google Assistant setelah mengetuk earbud dua kali.

Cara Menggunakan AirPods di Ponsel Android

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Di perangkat Android Anda, pastikan Bluetooth aktif.
  2. Kemudian buka Settings, pilih Connected Devices, kemudian pilih  Bluetooth.
  3. Ketuk opsi Pair New Device.
  4. Untuk AirPods dan AirPods Pro, pastikan AirPods berada di dalam wadah pengisi daya, buka penutupnya, lalu tekan dan tahan tombol pengaturan di bagian belakang wadah selama sekitar lima detik atau hingga Anda melihat lampu status berkedip putih. 
  5. Di perangkat Android Anda, ketuk AirPods atau AirPods Pro dan ikuti petunjuk apa pun yang muncul di layar.
  6. Untuk perangkat AirPods Max, tekan dan tahan tombol pengontrol kebisingan selama sekitar lima detik atau hingga Anda melihat lampu status berkedip putih dan AirPods Max muncul di bawah Available Devices.
  7. Jika tidak, pilih opsi More lalu tekan Refresh. Di perangkat Android Anda, ketuk AirPods Max dan ikuti petunjuk apa pun yang muncul di layar.
  8. Jika Anda tidak menemukan Airpods Anda, periksa di bagian Available Devices atau ketuk More lalu pilih Refresh.

Itu tadi cara menghubungkan AirPods dengan perangkat atau ponsel Android Anda. Tertarik mencoba?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 26 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories