Ukraina Siapkan 1 Juta Pasukan Dilengkapi Senjata NATO untuk Serang Rusia

Artileri Ukraina (Ukraine MoD)

Ukraina berencana menyiapkan satu juta tentara  yang dilengkapi dengan senjata NATO untuk merebut kembali bagian selatan negara itu dari pendudukan Rusia.

Menteri Pertahanan ukraina Oleksii Reznikov mengatakan merebut kembali wilayah di sekitar pantai Laut Hitam sangat penting bagi perekonomian negaranya. Namun sepertinya pernyataan itu lebih merupakan seruan atau harapan daripada rencana konkret.

Pernyataan menteri pertahanan datang ketika Rusia terus membuat kemajuan dalam mengambil wilayah di wilayah Donbas timur. Sebuah serangan di sebuah blok flat pada hari Minggu menewaskan sedikitnya 18 orang  dengan lebih dari 20 dikhawatirkan terkubur di bawah puing-puing.

Tim penyelamat masih mencari korban selamat di lokasi gedung lima lantai di Chasiv Yar, dekat kota Kramatorsk, di wilayah Donetsk yang menjadi fokus serangan Rusia.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar The Times, Reznikov memuji Inggris sebagai  kunci dalam transisi dari  senjata era Soviet ke Ukraina ke sistem pertahanan udara dan amunisi berstandar NATO. Namun Ukraina  membutuhkan lebih banyak dan lebih cepat untuk menyelamatkan nyawa tentara mereka. “Setiap hari kami mengakui menunggu howitzer dan kami bisa kehilangan seratus tentara,” katanya.

Dia mengatakan Ukraina saat ini  memiliki sekitar 700.000 personel militer dan ketika menambahkan penjaga nasional, polisi, penjaga perbatasan,  mereka memiliki sekitar satu juta orang.

Namun Dr Jack Watling, peneliti senior di Royal United Services Institute meragukan angka tersebut. Menurutnya ini  bukan sejuta kekuatan yang akan melakukan serangan balik.

Dia mengatakan biasanya kejutan operasional diperlukan ketika akan meluncurkan serangan balik. “Jadi mengumumkannya secara terbuka adalah cara untuk  memaksa Rusia  mengerahkan sumber daya lebih luas guna menjaga dari ancaman ini,” katanya. 

Komentar itu juga muncul saat tiga orang tewas dan 28 terluka setelah daerah pemukiman di kota timur Kharkiv dihantam peluru Rusia.

Oleksii Reznikov mengatakan serangan untuk merebut kembali beberapa wilayah yang diambil oleh Rusia secara politis sangat diperlukan. Ini juga penting secara ekonomi, paling tidak untuk mencoba melanjutkan ekspor gandum Ukraina melalui pelabuhan Laut Hitam. 

Ukraina mungkin percaya bahwa sementara Rusia memfokuskan upaya militernya di timur. Dan  sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba merebut kembali bagian selatan.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa sebagian besar upaya dan sumber daya militer Ukraina juga telah dikonsumsi oleh pertempuran sengit di Donbas. BBC melaporkan sejumlah unit telah kehilangan lebih dari setengah pasukan mereka dan membutuhkan bala bantuan.

Belum saatnya

Kepercayaan diri Ukraina telah didorong oleh pasokan sistem artileri jarak jauh yang lebih canggih. Tetapi masih belum dalam jumlah yang dibutuhkan Ukraina.

Ada laporan bahwa politisi Barat telah menjelaskan kepada politisi senior dan komandan militer Ukraina bahwa sekarang belum waktunya untuk mencoba melancarkan serangan balasan besar-besaran.

Ini mungkin bagus untuk moral, tetapi bisa dengan mudah dihentikan. Sejauh ini operasi kontra-ofensif Ukraina di sekitar Kharkiv dan Kherson hanya memiliki keberhasilan yang terbatas. Mereka masih membutuhkan waktu untuk membangun kembali pasukan mereka.

Invasi awal Rusia sendiri ke Ukraina menyoroti bahaya pertempuran di berbagai bidang. Operasi gagal mencapai sebagian besar tujuannya.  Serangan  hanya mencapai beberapa keberhasilan di timur dengan memusatkan kekuatannya.

Rusia sendiri juga kesulitan untuk menambah kekuatannya. Ini  ini karena negara tersebut tidak mungkin melakukan mobilisasi umum. Penyebabnya Rusia tidak pernah mendeklarasikan perang di Ukraina,  tetapi hanya menyebutnya sebagai operasi militer khusus.

Kamil Galeev, seorang analis independen Rusia  mengatakan Moskow memiliki masalah dengan rekrutmen dan mobilisasi. Pada  dasarnya Moskow juga  putus asa untuk mendapatkan lebih banyak tenaga kerja. Mereka  telah menggunakan berbagai cara untuk melakukan mobilisasi diam-diam. Salah  satunya dengan membuka lowongan pekerjaan terkait perang. Selain itu juga menawarkan insentif tinggi untuk  mendorong sukarelawan. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories