Waduh! Infeksi Jamur Hitam Serang Pasien COVID-19 di India

Infeksi jamur hitam. Foto: Getty Images

Tak hanya COVID-19, kini juga terjadi infeksi jamur hitam yang melanda di India. Infeksi jamur hitam atau mukormikosis merupakan infeksi yang sangat serius, memiliki tingkat kematian tinggi dan memerlukan pembedahan dan pengobatan saat terjadi.

Dikutip dari The Guardian, penyakit infeksi jamur hitam disebabkan oleh sekelompok jamur yang disebut mucormycetes, yang hidup di seluruh lingkungan termasuk di dalam tanah dan di tumbuhan. Mucormycosis terdapay di seluruh dunia, termasuk di AS dan Australia.

Jamur hitam mukormikosis ini dapat masuk ke sinus dan bisa memasuki ke ruang udara di kepala. Ketika sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengendalikan, infeksi jamur hitam dapat menyerang dasar otak.

Infeksi jamur hitam juga dapat ditularkan di tempat-tempat yang sering melakukan pekerjaan bangunan seperti pemindahan tanah karena di tempat tersebut menimbulkan banyak debu. Orang dengan kondisi diabetes, leukimia sangat rentan mengalami hal tersebut apabila menghirup spora jamur hitam.

Infeksi jamur hitam kini banyak terjadi di India mungkin akibat COVID-19 yang tampaknya seperti menciptakan kondisi agar infeksi terus berlanjut. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan masker saat mengunjungi lokasi konstruksi yang penuh debu.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan als kaki, celana panjang, kemeja lengan panjang serta sarung tangan ketika berkebun, membersihkan lumut dan sebagainya. Rajinlah membersihkan tubuh seperti melakukan mandi lulur. (TrenAsia.com)


Related Stories