Waduh! Kapal Perang AS Kembali Masuk WIlayah Laut China Selatan Tanpa Izin

Kementerian Pertahanan China mengatakan bahwa pihaknya mendapati kapal perang AS masuk ke wilayah Laut China Selatan untuk kedua kalinya.

Lantaran melewati teritorialnya, Kementerian Pertahanan China harus memantau dan mengusir kapal perusak Angkatan Laut AS yang diketahui sebagai USS Milius saat memasuki perairan teritorialnya di Laut China Selatan dekat Kepulauan Paracel.

"Kami dengan tegas menuntut AS untuk segera menghentikan tindakan provokatif seperti itu. Jika tidak, maka akan menimbulkan konsekuensi serius dari insiden yang tidak terduga," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters Minggu, 26 Maret 2023.

Menanggapi hal tersebut, Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali tersebut tengah menegaskan hak navigasi dan kebebasannya.

“Klaim maritim yang melanggar hukum dan luas di Laut China Selatan menimbulkan ancaman serius terhadap kebebasan laut. Termasuk kebebasan navigasi dan penerbangan, perdagangan bebas dan perdagangan tanpa hambatan, dan kebebasan peluang ekonomi untuk negara-negara pesisir Laut China Selatan,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Pasukan AS mengaskan, saat ini pihaknya tengah beroperasi di Laut China Selatan setiap hari. 

Hari sebelumnya, Kementerian Pertahanan China pernah memergoki kapal penghancur yang sama berlayar memasuki teritorial mereka. Aksi ini tentunya memunculkan peluang bahwa perselisihan antara dua negara adidaya Barat dan Timur semakin besar dengan meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan.

Beberapa tahun belakangan, China mengklaim sebagian besar wilayah yang tumpang tindih dengan zona ekonomi eksklusif berbagai negara termasuk Filipina. Perlu diketahui, zona yang diklaim China menghasilkan triliunan dolar dalam arus perdagangan jalur air setiap tahunnya. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories