Waspada! Berikut Tips Melindungi Rekening dari Pembobolan

Pahami Sebelum Rugi, Tips Agar Terhindar dari Pembobolan Rekening (Freepik.com/fanjianhua)

JAKARTA – Anda perlu waspada bahwa kejahatan dapat terjadi di mana saja dan dalam bentuk apa saja. Seperti halnya aksi kejahatan seperti pembobolan rekening. Kasus penipuan dan pencurian uang melalui rekening semakin meningkat. Seringkali, korban tidak menyadari bahwa rekening mereka sedang dibobol dan uangnya dikuras habis oleh pelaku.

Salah satu modus yang membuat saldo rekening terkuras salah satunya skimming. Skimming adalah tindakan pencurian melalui mesin ATM yang berupa informasi kartu kredit atau debit menggunakan alat khusus atau skimmer.

Skimming termasuk dalam kategori penipuan yang merupakan metode phishing, di mana dilakukan dengan cara mencuri data penting orang lain. Aksi skimming ini menargetkan nasabah bank dengan mencuri informasi data kartu ATM, baik debit maupun kredit.

Dilansir dari OJK, kegiatan kriminal ini pertama kali teridentifikasi pada tahun 2009 di Woodland Hills, California. Pada saat itu, teknik skimming dilakukan dengan menggunakan alat yang ditempelkan pada mulut mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal sebagai skimmer.

Modus operasinya adalah mengkloning atau menduplikasi data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah. Lantas, bagaimana cara menghindari pembobolan rekening? Yuk, simak artikel berikut!

Cara Agar Terhindar dari Pembobolan Rekening

Berikut ini adalah tips agar terhindar dari pembobolan rekening:

1. Aktifkan Fitur Pemantauan Rekening

Beberapa bank menyediakan fitur untuk memantau aktivitas di rekening Anda. Fitur ini umumnya terhubung dengan email, sehingga Anda akan menerima pemberitahuan melalui email yang terdaftar setiap kali ada transaksi atau aktivitas lainnya.

2. Aktifkan Fitur Notifikasi SMS Transaksi

Aktifkan fitur notifikasi SMS/internet/mobile banking transaksi untuk mendapatkan pemberitahuan melalui SMS setiap kali ada transaksi pada rekening Anda, baik dana masuk maupun keluar.

Fitur transaksi memungkinkan Anda menerima laporan secara real-time tentang transaksi yang baru dilakukan. Dengan demikian, semua transaksi dari akun bank Anda akan terpantau. Selain itu, Anda akan segera mengetahui jika ada transaksi yang tidak wajar di luar transaksi yang Anda lakukan.

3. Cek Riwayat Rekening Atau Saldo Secara Rutin

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah kapan saja, di mana saja dan tanpa biaya melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut. Pengecekan saldo ini bertujuan agar nasabah dapat langsung memantau transaksi yang tidak wajar.

4. Aktifkan Fitur Pemantauan Rekening

Beberapa bank menyediakan fitur untuk memantau aktivitas di rekening Anda. Fitur ini umumnya terhubung dengan email, sehingga Anda akan menerima pemberitahuan melalui email yang terdaftar setiap kali ada transaksi atau aktivitas lainnya.

5. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Untuk melindungi data Anda, tingkatkan keamanan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, seperti pemindaian sidik jari atau wajah.

6. Lindungi Data Pribadi Anda

Jangan sekali-sekali memberikan user ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung kepada siapa pun, termasuk pihak bank. Selain itu, ubah password Anda secara berkala. Sebab, jika kode yang seharusnya bersifat rahasia diketahui oleh orang lain, maka orang itu dapat mengakses akun Anda.

7. Hati-Hati Saat Menggunakan Mesin ATM

Periksa apakah ada benda mencurigakan atau alat tambahan yang dipasang pada mesin ATM, dan jangan mempercayai nomor telepon bank yang tertera di mesin ATM, karena bisa jadi tidak resmi, untuk menghindari risiko skimming. Lalu, cek area tombol PIN dan mulut ATM yang digunakan untuk meletakkan kartu. Jika Anda menghadapi masalah saat menggunakan mesin ATM, segera hubungi bank.

8. Hindari Penggunaan WiFi Publik atau Free WiFi

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari memakai WiFi publik atau free WiFi saat melakukan transaksi perbankan.

9. Gunakan Sidik Jari atau Face ID

Semakin canggih teknologi saat ini, banyak bank menyediakan fitur keamanan yang memanfaatkan sidik jari atau ID wajah sebagai kunci akses. Fitur ini biasanya tersedia dalam aplikasi transaksi online yang bisa diakses melalui ponsel Anda. Mengaktifkan fitur ini membantu mencegah akses tidak sah ke akun rekening Anda.

Itu dia beberapa tips agar rekening tetap aman, terhindar dari pembobolan. Semoga membantu!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 12 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 13 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories