Waspada! Ini Cara Mengetahui Anda Sedang Dilacak Menggunakan AirTag

Cara Menemukan Apple AirTag Tersembunyi yang Mungkin Melacak Anda (Apple)

JAKARTA - AirTag adalah alat pelacak baru Apple yang diciptakan untuk membantu pengguna menemukan barang yang hilang. Akan tetapi, para ahli memperingatkan bahwa AirTag juga dapat membahayakan keselamatan dan privasi Anda.

Tidak dapat dipungkiri perangkat dari Apple memang telah meningkatkan kualitas hidup dengan cara yang positif, mulai dari mengubah ponsel menjadi komputer yang sesungguhnya hingga mempermudah pelacakan informasi kesehatan dan pembayaran hanya dengan jam tangan.

Tidak hanya itu, Apple juga menciptakan teknologi untuk melacak benda yang hilang, yaitu AirTag. AirTag sendiri adalah perangkat kecil yang memiliki kemampuan Bluetooth dan GPS yang dibuat untuk membantu pengguna menemukan barang yang hilang seperti kunci dan dompet.

Sayangnya, teknologi pelacakan ini juga bisa berbahaya jika berada di tangan yang salah. Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest pada Jumat, 5 Januari 2023, model Sports Illustrated melaporkan bahwa orang asing mencoba melacak lokasinya menggunakan salah satu AirTag Apple.

Meski insiden ini mungkin jarang terjadi, perangkat seperti AirTag kini berpotensi untuk melacak seseorang secara diam-diam. Menurut Theresa Payton, CEO dari perusahaan keamanan siber Fortalice Solution menyebutkan bahwa kliennya menemukan AirTag dan alat pelacak lainnya di dalam dompet, jaket, tas kerja, komputer, sepeda, bahkan kompartemen sarung tangan mobil.

Bagaimana Cara Mengetahui Anda Sedang Dilacak dengan AirTag

Sebetulnya insiden ini bukan pertama kalinya bagi produk Apple menghadapi masalah keamanan dan privasi. Bahkan, perusahaan tersebut baru-baru ini mendapatkan kecaman karena fitur baru yang dapat memindai foto iPhone.

Seiring dengan meningkatnya peringatan mengenai bahaya perangkat yang mampu melacak, Apple akhirnya mengambil langkah untuk melindungi pengguna dari pelacakan.

Perangkat Apple dengan iOS 14.5 atau yang lebih baru akan mengirimkan peringatan melalui aplikasi Find My jika mereka mengenali AirTag yang bergerak bersama pengguna.

Untuk pengguna Android, Apple merilis aplikasi Tracker Detect yang mengirimkan pemberitahuan jika mendeteksi adanya AirTag yang ada di sekitar Anda.

Cara Mencegah Dilacak oleh Apple AirTag

Ada dua cara penting untuk melindungi diri Anda agar tidak dilacak secara diam-diam menggunakan perangkat AirTag. Pertama, carilah barang-barang pribadi Anda secara berkala, seperti kunci, dompet, saku jaket, dan tas kerja, untuk mencari perangkat atau perlengkapan yang tidak dikenal. 

Jika Anda melihat sesuatu yang Anda sendiri tidak ingat memilikinya, maka barang tersebut mungkin pelacak. Anda juga bisa menggunakan aplikasi atau pemindai pelacakan Bluetooth, yang dapat Anda gunakan untuk memindai lingkungan sekitar Anda untuk mencari perangkat yang tidak dikenal. 

Meskipun alat-alat ini tidak mengungkapkan siapa pemilik teknologi tersebut, perangkat yang tidak dikenal di rumah Anda atau di barang pribadi adalah tanda bahaya dan harus diselidiki lebih lanjut. Anda juga dapat menggunakan teknologi pemindaian Bluetooth ini untuk mengungkap kamera tersembunyi.

Itu tadi beberapa cara menemukan AirTag yang tersembunyi yang dapat melacak posisi Anda.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Jan 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories