Waspadai 5 Tempat Paling Kotor di Bandara, Biar Tetap Sehat Saat Traveling

ilustrasi | pixabay (pixabay)

Pada saat pandemi COVID-19 seperti saat ini, kita menjadi lebih waspada terhadap kebersihan, termasuk kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kita.

Untuk itu, Anda juga perlu berhati-hati dan tetap melakukan tindakan pencegahan agar tidak mudah sakit, apalagi saat ingin traveling atau melakukan perjalanan. Seperti yang dilansir dari laman Best Life, ada beberapa tempat di bandara yang secara konsisten paling kotor dan mengandung banyak kuman termasuk virus dan bakteri.

Berikut beberapa tempat paling kotor di bandara yang harus Anda waspadai.

Mesin EDC di Kasir Toko

Saat Anda sedang di bandara, mungkin Anda ingin membeli sebotol air minum, majalah, atau makanan ringan sebelum masuk ke pesawat. Akan tetapi, Anda perlu waspada saat menyentuh tombol atau layar di mesin EDC yang ada di kasir toko. Hasil penelitian dari University of Nottingham menemukan bahwa setengah dari semua tes yang diambil dari kios positif untuk setidaknya satu virus yang menyebabkan masalah pernapasan.

Baki pada Pos Pemeriksaan Keamanan

Pos pemeriksaan keamanan memang bisa menjadi salah satu tempat yang paling tidak menyenangkan saat di bandara. Hal ini karena Anda mungkin harus melepaskan beberapa barang bawaan dan mengeluarkan barang dari dalam tas.

Menurut penelitian dari University of Nottingham, nampan atau baki yang digunakan saat Anda meletakkan ponsel, dompet, atau jaket ternyata merupakan salah satu permukaan yang paling banyak kumannya di bandara.Oleh karena itu, setelah Anda menjalani proses pemeriksaan di pos ini, Anda sebaiknya segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Tombol Air

Beberapa bandara memang menyediakan keran air yang berfungsi untuk mengeluarkan air yang bisa diminum. Akan tetapi, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Insurance Quotes.com, menemukan bahwa tombol pada air mancur tersebut merupakan salah satu tempat paling kotor di bandara, di mana mereka menemukan rata-rata 19.181 bakteri dan sel jamur per inci persegi.

Sandaran Tangan pada Kursi

Bandara biasanya menyediakan kursi atau bangku untuk para penumpang yang sedang menunggu pesawatnya. Akan tetapi, ternyata sandaran tangan pada bangku tersebut juga menjadi tempat yang kotor di bandara. Studi yang dilakukan oleh InsuranceQuotes.com menyebutkan bahwa ada 21.630 CFU (Colony Forming Units) pada sandaran tangan bangku.

Tempat Check-in Mandiri

Fasilitas check-in mandiri memang memudahkan proses Anda untuk melakukan check-in. Akan tetapi, studi menyebutkan bahwa tempat check-in mandiri di bandara mengandung rata-rata 253.857 CFU. Oleh karena itu, Anda bisa menghindari terkena kuman dengan mengunduh aplikasi maskapai agar bisa check-in dari ponsel dan mengunduh boarding pass Anda. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories