WhatsApp Sediakan Fitur Pesan Video Pendek

WhatsApp Rilis Fitur Pesan Video Pendek untuk iOS dan Android, Ini Cara Menggunakannya (WhatsApp)

JAKARTA - WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang populer di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. WhatsApp juga terus menerus berkembang dengan menghadirkan berbagai fitur baru yang memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi chat tersebut sekaligus tetap menggunakannya.

Baru-baru ini, aplikasi perpesanan milik Meta tersebut dilaporkan memperkenalkan fitur tambahan baru untuk aplikasinya yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan video singkat. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat merekam video pendek dan mengirimkannya sebagai alternatif pesan teks.

Pesan video secara real time ini memiliki batasan durasi hingga 60 detik saja. Diketahui, saat ini perilisan fitur tersebut secara global telah dimulai dan akan segera tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Dalam sebuah postingan dari akun Facebook CEO Meta, Mark Zuckerberg yang mengumumkan peluncuran pembaruan terbaru untuk WhatsApp. Fitur ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan proses perekaman pesan suara secara real time, di mana fitur ini akan memasukkan ikon perekam video yang terletak di sebelah text box. Ikon tersebut akan memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek yang berdurasi hingga 60 detik.

WhatsApp juga memberikan informasi lengkap mengenai pembaruan ini dalam postingan blognya. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk merekam pesan video sehingga menambahkan sentuhan yang dipersonalisasi ke berbagai kesempatan seperti ucapan selamat ulang tahun, berbagi kabar baik, atau menyampaikan informasi penting lainnya.

Fitur perpesanan video ini secara bertahap akan diluncurkan ke pengguna di seluruh dunia pada platform Android dan iOS. Untuk mengakses fitur tersebut secara manual, pengguna dapat mengunduh WhatsApp versi terbaru dari Google Play Store atau App Store. WhatsApp juga mengklaim bahwa pesan video ini sepenuhnya terenkripsi end-to-end untuk memastikan komunikasi pengguna tetap aman.

Cara Mengirim Pesan Video Pendek di WhatsApp

Cara mengirim pesan video pendek ini mirip dengan mengirim pesan suara di WhatsApp. Anda tinggal tap atau ketuk untuk beralih ke mode video lalu tahan dan rekam video pendek Anda. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk menggesek dan mengunci rekaman video.

Ketika penerima membuka pesan video pendek yang ada di dalam obrolan, maka video tersebut akan diputar secara otomatis tanpa suara. Pengguna bisa mengetuk video tersebut untuk mengaktifkan suaranya.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur baru WhatsApp, pesan video pendek serta cara menggunakannya. Selamat mencoba!

Editor: Redaksi

Related Stories