Wow, Sebanyak 70.343 Tiket KAI untuk Mudik Lebaran Ludes

Foto: Sejumlah penumpang saat berada di stasiun Tugu Yogyakarta. (null)

Pemerintah telah menetapkan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah selama empat hari terhitung mulai 29 April dan 4, 5, 6 Mei 2022 mendatang. Pembelian tiket kereta api untuk tujuan mudik di daerah operasi (Daop) 6 Yogyakarta pun disebut telah mencapai 25 persen.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, pihaknya menetapkan masa angkutan lebaran pada 22 April sampai 14 Mei mendatang. Tiket sudah dijual sejak H-45 keberangkatan dan bisa diakses melalui aplikasi KAI Access atau channel penjualan resmi tiket kereta api.

"Hingga saat ini tiket sudah terjual sekitar 25 persen atau 70.343 tiket," katanya, Kamis (7/4). 

Supriyanto mengatakan, pihaknya juga bakal menyediakan kereta api tambahan beserta tiket mudik dan arus balik guna mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang.

Dalam aturan terbaru bagi pelaku perjalanan dalam negeri, penumpang dengan jadwal keberangkatan 5-7 April yang tidak membawa hasil negatif tes Covid-19 dapat melakukan pembatalan dengan pengembalian biaya tiket 100 persen.

"Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai transisi sekaligus sosialisasi kebijakan baru untuk perjalanan dalam negeri sesuai SE Kemenhub No.39/2022," ungkap dia.

Sedangkan untuk keberangkatan mulai 8 April dan seterusnya, penumpang yang belum menjalani vaksinasi booster dan tidak membawa hasil negatif tes Covid-19 akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket dengan biaya batal 25 persen.

Pembatalan paling lambat dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan. 

Editor: Redaksi
Sutan Kampai

Related Stories