Yuk Dibaca Dulu, Kini DANA Hadirkan Beragam Fitur Terbaru

Bertepatan dengan HUT ke-4 dompet digital DANA baru saja memperkenalkan empat inovasi terbarunya. (dana.id)

Dompet digital DANA baru saja memperkenalkan empat inovasi terbarunya. Pengumuman empat inovasi ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun keempat DANA.

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat, 25 Maret 2022. Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno, keempat inovasi ini akan hadir untuk pengguna di akhir Maret 2022.

Melalui kehadiran layanan ini, DANA ingin menunjukkan komitmennya dalam mengoptimalkan teknologi untuk memberikan layanan keuangan digital terbaik, sekaligus mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital.

"Pembaruan yang kami sebut Inovasi Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA," tutur Rangga. Menurut Rangga, selama empat tahun kehadirannya, DANA juga telah berkembang dengan pesat, baik dari jumlah pengguna dan transaksi.

Ia menuturkan, DANA kini telah memiliki 100 juta pengguna dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari. Selain itu, saat ini ada 5.000 online merchant termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

Oleh sebab itu, menuturkan empat inovasi ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi pengguna, termasuk kemajuan perekonomian digital di Indonesia.

“Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital," tutur Rangga.

Adapun empat inovasi terbaru yang akan hadir di aplikasi DANA adalah sebagai berikut :

DANA Pay

Rangga menuturkan, DANA kini meningkatkan kenyamanan dalam transaksi dengan menggunakan DANA Pay. Sebab, DANA kini mengintegrasikan metode pembayaran yang tersedia untuk memberikan pengalaman yang lebih mulus.

Dengan pembaruan ini, DANA akan secara otomatis mengombinasikan metode pembayaran lain yang tersedia, apabila saldo pengguna tidak cukup. Jadi, transaksi tetap berjalan, meski saldo yang ada di dompet tidak mencukupi.

"Dengan pembaruan di DANA Pay, kami ingin menyediakan pembayaran inklusif dan pengalaman pembayarannya lebih seamless. Jadi, metode pembayaran itu lebih terintegrasi, baik yang dimiliki DANA maupun yang di luar DANA, seperti kartu debit, kredit, hingga paylater," tutur Rangga.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran ini dapat dilakukan dengan memakai DANA VIZ ((Visual Identity AuthoriZation). Keamanan saat transaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran dan Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

Rapor DANA

Untuk menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi dan inklusi keuangan, DANA menghadirkan fitur baru yang diberi nama Rapor DANA. Fitur ini ditunjukkan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi finansial.

Dalam Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, serta aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Pembayaran STNK via Signal

Dompet digital DANA kini juga telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pembayaran STNK. Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller.

Cara pembayaran pun mudah, pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan, lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan sebelumnya.

Saat ini, layanan pembayaran Signal dengan DANA mencakup 15 provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.
 

Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart

DANA sekarang juga memungkinkan pengguna mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA. Nantinya, uang yang dikirimkan tersebut dapat ditarik melalui Alfamart.

Bagi pengirim, langkah yang dilakukan adlaah dengan mengetuk ikon Send dan dilanjutkan memiliki ikon Withdraw Cash. Lalu, pengguna bisa memilih Alfamart, lalu Send Cash dan memasukkan data penerima.

Selanjutnya, pengirim akan menerima kode verifikasi yang dapat dibagikan penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam. Nantinya, penerima tinggal mengunjui Alfamart dan mengambil uang tersebut dengan lebih dulu menunjukkan data diri sesuai KTP dan kode verifikasi yang diterima.

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories