Yuk Ikuti Langkah-langkah Ini, Supaya Ponsel Terlindungi dari Ancaman Serangan Hacker

5 Cara Melindungi Ponsel Anda dari Ancaman Serangan Hacker (Freepik)

Ponsel atau smartphone saat ini telah menjadi bagian utama dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, ponsel bahkan juga digunakan untuk menyimpan sejumlah besar informasi pribadi.

Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaan ponsel, akan meningkat juga risiko peretasan atau serangan dari hacker. Seorang hacker atau peretas dapat dengan mudah mengakses ponsel dan mengambil info yang sensitif seperti detail perbankan, foto pribadi, dan email Anda.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mencari cara melindungi ponsel dari peretas. Berikut caranya.

Cara Menjaga Ponsel Anda dari Ancaman Serangan Hacker

Cara Menjaga Ponsel Anda dari Ancaman Serangan Hacker

1. Gunakan password yang kuat

Langkah pertama dan terpenting untuk mengamankan ponsel Anda adalah dengan menggunakan password yang kuat. Selalu atur kata sandi yang rumit yang menyertakan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti nama, tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya.

2. Perbarui sistem operasi di ponsel

Pembaruan sistem operasi sering disertai dengan pembaruan keamanan yang memperbaiki masalah apapun yang dapat dieksploitasi oleh peretas. Pastikan untuk memperbarui sistem operasi ponsel secara teratur untuk memastikan ponsel memiliki fitur keamanan terbaru.

3. Unduh aplikasi dari sumber terpercaya

Mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya seperti Google Play Store atau Apple App Store dapat membantu melindungi ponsel dari malware atau program berbahaya lainnya.

4. Gunakan software antivirus

Menginstal software antivirus di ponsel dapat membantu melindunginya dari serangan malware termasuk virus, spyware, dan trojan. Software antivirus juga dapat mendeteksi dan menghapus malware sebelum merusak ponsel Anda.

5. Berhati-hati saat mengakses Wi-Fi di tempat umum

Jaringan Wi-Fi di tempat umum seringkali tidak aman, yang memudahkan peretas untuk menyadap data ponsel Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum untuk aktivitas sensitif seperti perbankan, belanja online, atau mengakses email pribadi.

Editor: Egi Caniago

Related Stories