11 Cara Praktis untuk Menghindari Mabuk Darat Saat Mudik

11 Cara Mencegah Mabuk Darat Saat Mudik Lebaran (trenasia.com)

JAKARTA — Mudik Lebaran adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu menjelang Idulfitri. Oleh karena itu jangan sampai kegembiraan mudik terganggu dengan kondisi mabuk perjalanan. Berikut ini rangkuman sejumlah tips agar Anda tidak mengalami mabuk perjalanan.

Cara Mencegah Mabuk Darat

1. Posisi Duduk

Jika melakukan perjalanan dengan angkutan umum, cobalah untuk memilih kursi di bagian depan. Kursi-kursi di bagian depan akan lebih luas dari kursi bagian belakang. Selain itu, Anda juga bisa mendapat pandangan yang lebih luas ke arah depan dari kursi tersebut.

2. Atur Waktu Makan

Cobalah untuk mengatur waktu makan dengan waktu keberangkatan. Usahakan makan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Selain itu, usahakan tidak terlalu kenyang. Anda bisa mengonsumsi makanan yang tidak begitu berat.

3. Istirahat yang Cukup

Mabuk perjalanan bisa disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak fit salah satunya akibat kurang tidur. Untuk meminimalisasi risiko mabuk perjalanan, pastikan tidur cukup sebelum berangkat.

Lalu, manfaatkan waktu perjalanan untuk beristirahat. Istirahat yang nyaman bisa didukung dengan berbagai kelengkapan seperti bantal leher, penutup mata, selimut, dan sebagainya.

4. Atur Suasana

Buat suasana perjalanan mudik menyenangkan seperti bernyanyi, mendengarkan musik, atau mengobrol dengan penumpang lain.

5. Bawa Permen

Mengonsumsi permen bisa sedikit mengobati rasa mual karena mabuk perjalanan. Anda bisa mengkonsumsi permen jahe. Menurut hasil beberapa riset, mengonsumsi permen jahe bisa membantu dalam mengurangi rasa mual.

6. Pengharum Kendaraan

Aroma tertentu terbukti bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang menghirupnya dan sebaliknya. Jika berkendara dengan kendaraan pribadi, gunakan pengharum kendaraan favorit agar suasana lebih menyenangkan.

7. Tetap Terhidrasi

Terkadang, ketika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan mabuk dalam perjalanan. Tubuh yang dehidrasi akan membuat kamu merasakan mual.

8. Mencari udara segar

Kondisi kendaraan yang penuh dan pengap akan membuat kamu merasakan pusing dan mual. Mencari udara segar juga bisa dijadikan tips agar tidak mabuk perjalanan. 

9. Berbaring

Ketika tubuh sudah merasa tidak enak di dalam perjalanan, cobalah untuk berbaring. Anda bisa berbaring di kursi penumpang. Kemudian, cobalah untuk memejamkan mata dan mengatur nafas secara perlahan.

10. Jangan Baca Buku dan Main Gadget

Membaca buku atau bermain ponsel ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing atau mual. Sebab, kegiatan-kegiatan tersebut bisa menyebabkan ketidakselarasan di antara telinga dan mata.

Ketika mata sudah terfokus pada satu titik, sedangkan tubuh sedang berusaha untuk menyeimbangan posisi karena adanya guncangan saat dalam perjalanan, maka saat itulah rasa mual atau pusing akan muncul. 

11. Minum Obat

Jika semua cara sudah dilakukan, tetapi masih merasa mabuk perjalanan Anda bisa melakukan car aini. Minumlah obat anti mabuk perjalanan.

Obat anti mabuk perjalanan ini umumnya akan membuat Anda merasakan ngantuk. Di perjalanan kamu akan tertidur pulas sehingga tidak akan merasakan mabuk perjalanan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan secara berlebihan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 23 Mar 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 26 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories