3 Tindakan Sehari-hari untuk Mengatasi Kenaikan Biaya Hidup

3 Hal yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini untuk Atasi Kenaikan Biaya Hidup (Pexels.com/Anna Tarazevich)

JAKARTA - Anda mungkin tidak dapat mengontrol suku bunga atau harga sayur di sekitar rumah Anda, tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan anggaran Anda.

Hal itu bisa dimulai dengan sekadar mencari harga yang bersaing untuk menurunkan tagihan yang ada. Selain itu, ada tiga hal yang dapat Anda lakukan hari ini untuk membantu Anda mengelola kenaikan biaya hidup. Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Kenaikan Biaya Hidup

Pastikan Tidak Membayar Terlalu Banyak untuk Pinjaman Rumah

Jika Anda memiliki pinjaman rumah, kemungkinan besar biaya pembayarannya adalah pengeluaran terbesar Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mencari tahu tarif yang tersedia dari pemberi pinjaman lain, serta memahami biaya apapun yang mungkin harus Anda bayarkan untuk pembiayaan kembali.

Seperti yang dilansir dari ABC, penurunan kecil pada tingkat suku bunga sudah dapat memberikan dampak yang jauh lebih besar terhadap anggaran Anda, daripada mengurangi konsumsi kopi atau makanan harian Anda.

Tidak Membayar Terlalu Banyak untuk Listrik

Tagihan listrik adalah pengeluaran besar lainnya bagi rumah tangga. Meski Anda tidak dapat mengendalikan harga energi, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak membayar lebih.

Contohnya yaitu dengan menghemat pemakaian listrik dengan tidak sering menggunakan AC bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Rencanakan Makanan Anda

Meski anggaran makanan Anda tidak akan membengkak seperti dulu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga biayanya tetap terkendali.

Contohnya, rencanakan makanan dan kudapan terlebih dahulu dalam satu minggu. Hal ini bahkan jadi salah satu cara paling efektif untuk menghemat makanan.

Tetapkan anggaran makanan yang tidak perlu, seperti membeli permen, makanan yang dibawa pulang, camilan, dan sebagainya.

Periksa dapur sebelum pergi ke toko. Hal ini akan membantu Anda menghindari makanan yang sama dan nanti justru akan dibuang.

Belanja makanan yang sedang musim. Hal itu karena lebih murah bahkan juga lebih baik untuk kesehatan karena tidak perlu pengolahan lebih lanjut saat sebelum dijual.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi biaya hidup yang meningkat.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 05 Apr 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories