393 Calon Jemaah Haji Sumbar Kloter I Tiba di Asrama Haji Embarkasi Padang

Kondisi Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi Sebanyak 7 Orang Meninggal Dunia dan 160 Sakit. (Ilustrasi/dok Kemenag Sumbar)

Sebanyak 393 jemaah haji Kloter pertama tiba di Asrama Haji Embarkasi Padang, Jumat (3/6). Jemaah yang berasal dari Kota Padang ini akan diterbangkan ke Arab Saudi, Sabtu 4 Juni pukul 13. 50 Wib dari BIM menuju Medinah.

Iring-iringan Bus yang membawa jemaah haji ini memasuki gerbang asrama haji pukul 11.00 wib. Dipandu petugas dari Dinas Perhubungan bus parkir dengan tertib. Diiringi lantunan shalawat satu persatu jemaah turun dengan secara bergantian.

Kedatangan jemaah disambut Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bidang PHU, H. Joben bersama Kabag TU, Miswan, Kepala Bidang Urais, H. Edison, Kepala Bidang Penmad, H. Hendri Panidian dan seluruh Petugas P3IH.

Berbeda dengan penyelenggaraan haji sebelumnya, tahun ini jemaah haji harus mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker karena masih dalam suasana pandemi Covid 19.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Helmi mengucapkan selamat datang di Asrama Haji Embarkasi Padang dan selamat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah kita cukup terharu dengan keberangkatan jemaah haji ini adalah puncak dari kerinduan jemaah haji. Karena sudah bertahun-tahun menunggu untuk bisa berangkat," ungkap Kakanwil dikutip dari situs resmi.

Tak lupa Kakanwil berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan, memakai masker dan istirahat yang cukup sebelum besok terbang ke Tanah Suci.

"Mudah-mudahan jemaah haji diberi kesehatan, kekuatan dan perlindungan oleh Allah. JmKita minta jemaah haji untuk jaga imun jaga iman insyaallah aman," tutur Helmi.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi didampingi Kasi PHU Hendri Yazid menyampaikan kondisi jemaah Kota Padang dalam keadaan sehat dan belum ada yang dinyatakan sakit.

"Semua jemaah kita sudah melakukan PCR dan alhamdulillah hasilnya negatif. Kita doakan jemaah yang berangkat hari ini akan pulang dalam jumlah yang sama," ujar Edy.

Sampai di  Aula jemaah disuguhi snack bubur kacang hijau dan teh hangat. Selanjutnya jemaah menerima informasi terkait kegiatan selama di Asrama Haji dilanjutkan penerimaan gelang identitas, living cost dan kamar asrama. 

Editor: Redaksi

Related Stories