4 Tips Finansial yang Harus Dihindari Karena Buat Anda Makin Terpuruk

4 Tips Keuangan yang Justru Membuat Anda Semakin Terpuruk (Pexels.com/Ahsanjaya)

JAKARTA - Anda tentu kerap mendengarkan tips mengenai apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan dengan uang Anda. Namun ternyata tidak semua nasihat tersebut mampu membantu Anda. Bahkan, bisa jadi tips-tips tersebut justru membuat Anda semakin terpuruk.

Lalu, apa saja tips keuangan yang justru membuat Anda semakin terpuruk? Simak penjelasan berikut ini.

Tips Keuangan yang Membuat Keuangan Anda Memburuk

Tips Saham dan Investasi yang Buruk

Bisa jadi orang terdekat Anda seperti paman memberitahu Anda tentang perusahaan eksplorasi pertambangan yang akan menghasilkan emas atau teman Anda memberitahu Anda tentang koin kripto baru. Hal itu ternyata bukan merupakan ide yang baik sehingga Anda harus meninggalkan semua nasihat mereka.

Seperti yang dilansir dari ABC, di pasar saham informasi orang dalam adalah ilegal. Meski paman atau teman dekat Anda mungkin menceritakan berbagai kisah hebat tentang investasi mereka, informasi mereka jika memang benar, kemungkinan adalah informasi yang sudah diketahui secara luas.

Anda Harus Berhenti Minum Kopi Setiap hari

Dalam hal penganggaran dan tabungan, biasanya orang-orang justru berfokus ke hal-hal yang kecil seperti kopi atau alpukat. Meski menghilangkan kafe dari hidup Anda akan menghemat uang, penasihat keuangan Richard Gough menyarankan Anda untuk fokus pada hal yang lebih besar.

Misalnya, jika Anda mencoba menghemat uang dan menyewa, pindah ke properti yang lebih murah kemungkinan besar akan membuat perbedaan yang lebih besar.

Uang Sewa Adalah Uang Mati

Tidak mengherankan jika sekarang orang-orang menganggap bahwa menyewa rumah justru boros dan membuang-buang uang.

Padahal, membeli rumah untuk ditinggali bukanlah satu-satunya pilihan untuk membangun kekayaan. Anda tidak harus mengikuti cara lama. Anda bisa menyewa dan tetap membangun kekayaan di luar memiliki rumah sendiri, baik dalam bentuk saham atau membeli properti investasi.

Jika Anda Tidak Mampu Membeli, Selalu Ada Kredit

Beberapa orang mungkin bercerita tentang didorong oleh bank untuk mengambil pinjaman pribadi baik untuk liburan atau mengambil kartu kredit dengan iming-iming mendapatkan poin.

Namun, jika terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti kehilangan pekerjaan, utang tersebut justru dapat bertambah dengan cepat. Selain itu, jika Anda tertarik dengan poin atau imbalan pada kartu kredit, ingatlah bahwa kemungkinan besar Anda sudah membayar fasilitasnya.

Itu tadi beberapa nasihat keuangan yang justru membuat Anda terpuruk dan sebaiknya tidak Anda dengarkan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 18 Apr 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories