6 Cara Cerdas Menggunakan Uang untuk Menuju Kebahagiaan

6 Strategi Memanfaatkan Uang untuk Mencapai Kebahagiaan (Freepik/drobotdean)

JAKARTA – Semua orang tentu ingin menjadi orang yang bahagia. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa hidup di dunia dengan segala tantangan dan rintangan sering kali membuat kita merasa tidak bahagia. Di tengah kesibukan dan berbagai tanggung jawab, beban, serta tekanan, kita sering merasa gelisah dan sedih. Tuntutan hidup di dunia sering memberikan dampak negatif pada kehidupan manusia.

Membahas kebahagiaan yang dapat dibeli dengan uang akan menghasilkan daftar yang panjang, karena jenis kebahagiaan yang Anda inginkan mungkin berbeda dari kebahagiaan yang diinginkan oleh orang lain. Bagi sebagian orang, menghabiskan waktu bersama keluarga dan menciptakan kenangan yang indah bersama mereka adalah sumber kebahagiaan.

Uang tidak dapat memberikan kebahagiaan, tetapi uang dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan. Oleh karena itu, hubungan antara uang dan tingkat kebahagiaan seseorang sering kali saling berkaitan erat.

Cara Uang Bisa Membeli Kebahagiaan

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memakai uang demi meningkatkan kebahagiaan Anda.

1. Membeli Pengalaman

Cara untuk membeli kebahagiaan adalah dengan menggunakan uang untuk hal-hal yang memberikan pengalaman berharga. Investasikan uang Anda pada pengalaman yang menyenangkan, yang diyakini akan meningkatkan kebahagiaan Anda.

seperti halnya menonton konser artis favorit atau merencanakan liburan ke destinasi yang telah lama diimpikan. Pastikan untuk mengalokasikan uang ini setelah kebutuhan utama terpenuhi.

Peneliti Elizabeth Dunn, PhD, menyatakan orang cenderung merasakan kebahagiaan yang lebih besar saat mereka membeli pengalaman dibandingkan barang-barang. Menurut Dunn, orang merasa bahwa pengalaman yang mereka beli memberikan kontribusi lebih besar pada perjalanan hidup mereka dan memiliki nilai yang lebih personal. 

Selain itu, mereka juga cenderung tidak merasa menyesal setelah membeli pengalaman karena pengalaman tersebut sulit untuk dibandingkan, sementara barang-barang materi mudah diperbandingkan. Selain itu, pengalaman cenderung mempererat hubungan antarindividu.

2. Membeli Waktu yang Terbuang

Salah satu strategi yang jarang dimanfaatkan untuk meningkatkan kebahagiaan adalah menggunakan uang untuk mendapatkan lebih banyak waktu dalam rutinitas sehari-hari.

“Orang yang menggunakan uang mereka untuk membeli jalan keluar dari hal-hal yang mereka benci lebih bahagia daripada yang tidak melakukannya,” kata Dunn.

Mungkin Anda pernah membayar orang lain untuk melakukan sesuatu yang memakan waktu, tapi Anda tidak menyukainya. Atau tidak menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki untuk hal-hal yang tidak menyenangkan bisa membuat Anda lebih dekat dengan kebahagiaan.

Kamu bisa mendapatkan peningkatan kebahagiaan dengan menghabiskan waktu ekstra bersama orang lain. Gunakan uangmu bersama orang yang kamu inginkan untuk mendapatkan lebih banyak kebahagiaan dari waktu bersama.

Anda bisa merasakan peningkatan kebahagiaan dengan menghabiskan waktu tambahan bersama orang lain. Gunakan uang Anda untuk menghabiskan waktu dengan orang yang Anda inginkan, sehingga kebersamaan itu memberikan lebih banyak kebahagiaan.

3. Mengelola Waktu

Mengatur waktu untuk diri sendiri dan berbagi dengan orang lain akan menciptakan kemakmuran dan kebahagiaan tersendiri. Orang yang memiliki kekayaan akan merasa semakin kaya, karena mereka bahagia dan mampu mengelola waktu dengan baik sesuai dengan apa yang dimiliki. Waktu untuk diri sendiri, waktu untuk keluarga, waktu bekerja, waktu bersedekah, waktu beribadah, dan lain sebagainya.

4. Memberikan Uang untuk Membantu Orang Lain

Menyumbangkan uang untuk mendukung tujuan besar atau membantu orang lain dapat meningkatkan senyawa dalam tubuh yang membuat Anda merasa lebih baik, seperti serotonin, dopamin, dan oksitosin. 

Pakar kebahagiaan dari Harvard University, Arthur C.Brooks menjelaskan, meskipun uang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan, uang saja tidak dapat membeli kebahagiaan yang bertahan lama.

5. Melakukan Pembatasan

Memperoleh sesuatu berlimpah dapat menjadi musuh dari apresiasi. Penelitian menunjukkan, menggunakan uang untuk merayakan momen spesial adalah cara yang baik untuk menciptakan kebahagiaan. Namun, hal ini mengurangi manfaat mental dengan menghilangkan keuntungan dari rutinitas yang dapat diprediksi.

Artinya, sering kali kita membeli barang hanya untuk kesenangan atau kebahagiaan semata, meskipun belum tentu barang tersebut diperlukan atau memiliki nilai manfaat yang signifikan. Tidak ada salahnya untuk membelanjakan uang Anda, namun akan lebih baik jika Anda menetapkan batasan pada apa yang ingin dibeli.

6. Jadikan Ini Sebagai Hadiah untuk Diri Sendiri

Pada dasarnya, setiap orang terbiasa dengan barang-barang yang dimilikinya sepanjang waktu. Namun, ketika barang-barang tersebut menjadi hadiah untuk diri sendiri, hal itu cenderung membawa lebih banyak kebahagiaan. Oleh karena itu, identifikasi barang-barang yang awalnya Anda nikmati tetapi sekarang dianggap remeh.

Demikian, cara mendapatkan kebahagiaan dengan uang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 26 Aug 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 26 Agt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories