7 Kebiasaan Menghemat Uang yang Dilakukan Orang Kaya Agar Makin Cuan

7 Kebiasaan Orang Kaya dalam Menghemat Uang Agar Makin Cuan, Wajib Ditiru! (freepik.com/standret)

JAKARTA - Semua orang tentu ingin menjadi kaya raya. Akan tetapi, tidak semua orang mengembangkan kebiasaan positif untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Padahal, dengan mempelajari cara menghemat uang seperti jutawan, Anda akan bisa pensiun lebih muda atau memiliki tabungan yang cukup.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini agar Anda bisa menerapkan kebiasaan positif yang mendukung tujuan keuangan Anda.

Kebiasaan Orang Kaya dalam Menghemat Uang

1. Mengikuti Aturan 50-30-20

Lupakan penganggaran keuangan yang rumit, rahasia untuk menabung dalam jumlah besar sebetulnya bisa diringkas menjadi tiga kelompok angka sederhana yaitu 50-30-20.

Dengan menggunakan formula tersebut, Anda bisa menyisihkan 50% dari uang yang Anda peroleh untuk tabungan dan kebutuhan seperti sewa dan bahan makanan, 30% untuk pembelian gaya hidup seperti pakaian baru, dan 20% untuk aktivitas menyenangkan seperti konser atau makan di luar.

2. Mengotomatiskan Keuangan

Penganggaran adalah langkah yang cerdas, tapi ada kalanya justru jadi bumerang. Saat Anda terlalu sibuk mematuhi anggaran yang telah dibuat, Anda hanya akan merasa frustasi dan gagal.

Sebaliknya, orang kaya justru memilih mengotomatiskan kehidupan finansial mereka sehingga mereka tidak akan gagal mematuhi anggaran yang telah dibuat. 

3. Belanja Lebih Sedikit daripada Penghasilan

Daripada membelanjakan uang untuk liburan mewah atau membeli baju baru, jutawan justru sering kali membelanjakan uangnya lebih sedikit daripada penghasilannya. Hal itu dilakukan agar mereka tetap bisa menabung dan berinvestasi.

Untuk memaksimalkan tabungan, Anda juga bisa mencatat pengeluaran pribadi dan mengurangi kategori pengeluaran yang kurang penting bagi Anda. Misalnya, jika Anda senang menikmati liburan besar setiap tahun, pertimbangkan untuk masak makan siang dan makan malam di rumah untuk membatasi pengeluaran Anda di restoran.

4. Menghindari Belanja Karena Keinginan

Cara lain yang dilakukan oleh para jutawan untuk menghindari pengeluaran lebih banyak daripada penghasilan adalah dengan tidak pernah terjebak dalam keinginan berbelanja. 

Orang yang terjebak memuaskan keinginan belanja biasanya menyerah pada kepuasan instan, tidak menabung untuk membeli barang-barang yang diinginkan, baik itu TV tercanggih, liburan mewah, mobil mahal, atau sepasang sepatu paling modis. Selain itu, orang yang tidak bisa menabung tersebut juga cenderung menghabiskan terlalu banyak uang untuk pergi memesan makanan dari luar.

5. Berbelanja dengan Bijak

Orang kaya biasanya menyiapkan beberapa strategi khusus untuk mencegah pembelian secara impulsif. Cara mereka berbelanja biasanya dengan membeli barang dalam jumlah yang besar, membuat rencana makan paling tidak untuk seminggu, dan mengurangi biaya energi.

6. Mencegah Perubahan Gaya Hidup

Baik Anda mencoba ide bekerja sampingan baru atau mempelajari cara bernegosiasi untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi, kini Anda mungkin telah mendapat gaji lebih banyak. Namun, berhati-hatilah!

Memang sangat menggoda untuk berbelanja secara royal untuk beberapa keinginan yang diklaim sebagai kebutuhan seperti mobil terbaru, rumah tercantik, dan sebagainya.

Namun ternyata, hal itu tidak dilakukan oleh para jutawan. Mereka cenderung menghindari peningkatan standar hidup mereka demi mengimbangi peningkatan pendapatan mereka. 

7. Mereka Berinvestasi pada Diri Mereka Sendiri

Tidak diragukan lagi bahwa menabung dan menginvestasikan uang adalah kunci untuk mengumpulkan kekayaan dengan cepat. Namun, kebiasaan menghemat uang pertama dan yang paling penting yang dilakukan oleh para jutawan adalah dengan berinvestasi pada diri mereka sendiri.

Investasi tersebut bisa berwujud apapun seperti mendengarkan podcast selama perjalanan jauh, membaca setidaknya 30 menit sehari, atau mencari mentor karier. Para jutawan tersebut juga cenderung memfokuskan bacaan harian mereka pada konten yang berhubungan langsung dengan impian dan tujuan yang mereka kejar.

Itu tadi beberapa kebiasaan orang kaya dalam menghemat uang yang bisa Anda tiru. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories