Adhi Karya Bangun Prasarana Air Baku di Ibu Kota Baru

Pengerjaan proyek PT Adhi Karya

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) membangun prasarana penyediaan air baku di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal ini untuk mensukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Direktur Operasi I, Suko Widigdo mengatakan, proyek ini akan menyediakan air baku untuk air bersih yang merupakan kebutuhan dasar manusia sehari-hari yang harus disediakan pemerintah.

"Mulai dari standar pelayanan minimal sampai dengan target pemenuhan kebutuhan air bersih 100% di IKN,” ujarnya dalam keterbukaan informasi, Kamis, 6 Oktober 2022.

Proyek ini merupakan proyek Kerja Sama Operasi (KSO) ADHI dengan Selaras dan Ikhsan dengan total rencana pengambilan debit air baku sebesar 3.000 liter per detik. Pengerjaan Proyek sampai dengan saat ini sudah mencapai 39% dengan target rampung di Semester I 2023.

Pembangunan Prasarana Intake dan Jaringan Pipa transmisi di Sungai Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara ini merupakan program pengelolaan Sumber Daya Air untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN yang berasal dari sungai Sepaku.

Akan tetapi, pekerjaan ini akan tetap menjaga kelestarian fungsi dan keberlanjutan pemanfaatan SDA serta mengurangi daya rusak air.

Sementara itu, Project Manager ADHI, Dyota Wiradhian optimistis
pembangunan akan tepat waktu. Proses pembangunan Intake Sepaku sejauh ini lancar, Masyarakat disini juga mendukung adanya pembangunan IKN.

"Kami pun optimis dapat menyelesaikan Proyek dengan baik dan tepat waktu untuk mendukung Pemerintah dalam mensukseskan pembangunan IKN demi Pemerataan Ekonomi.” Jelas Dyota. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories