Barry Callebaut Tingkatkan Prodoktivitas Petanai Kakao di Indonesia

Barry Callebaut Melihat Momentum Pertumbuhan Positif di Indonesia (Foto: Barry Callebaut Group) (Barry Callebaut Group)

Barry Callebaut berhasil mencetak kesuksesan bisnis kakao di Indonesia. Bisnis cokelatnya juga terus berkembang. Barry Callebaut melanjutkan upaya keberlanjutannya untuk meningkatkan produktivitas petani kakao di Indonesia.

Bandung, Indonesia, 15 September, 2022 – Barry Callebaut Group, produsen produk kakao dan cokelat berkualitas tinggi terkemuka di dunia, optimistis mencetak pertumbuhan positif untuk bisnis kakao dan cokelat di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kondisi industri yang diyakini akan semakin membaik pasca pandemi.

Faktanya, konsumsi cokelat tahunan di Indonesia saat ini hanya sekitar 0,3 kilogram per kapita. Namun, pasar cokelat di Indonesia masih mempunyai banyak potensi. Menurut Euromonitor (Juli 2022), nilai penjualan ritel naik 2% pada 2022 menjadi Rp 13,4 triliun. Penjualan ritel ditargetkan naik 6% CAGR mencapai Rp 18,2 triliun pada 2027.

“Kami yakin pasar kakao dan cokelat di Indonesia akan terus tumbuh. Permintaan pelanggan akan produk kakao dan cokelat kami berangsur-angsur kembali ke masa sebelum pandemi, dan optimisme konsumen yang meningkat terhadap ekonomi menjadi pertanda baik bagi produsen makanan seperti kami,” kata Ciptadi Sukono, Managing Director Barry Callebaut di sela-sela kunjungan Media ke Pabrik Kakao dan Cokelat milik perusahaan di Bandung dan Rancaekek/Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, Kamis (15/9).

Sejak 2012, Barry Callebaut telah menginvestasikan lebih dari US$50 juta (atau Rp 741,8 miliar) dan saat ini memiliki lebih dari 700 karyawan di seluruh Indonesia.

Operasi kakao yang sukses di Indonesia

Barry Callebaut mengoperasikan pabrik pengolahan kakao di Bandung dan saat ini merupakan salah satu produsen terbesar (berdasarkan volume) produk kakao (seperti cocoa powder, cocoa butter & cocoa liquor) di Indonesia.

Barry Callebaut juga memiliki pusat aplikasi kakao di Bandung yang dilengkapi dengan peralatan canggih, dapur demo, dan lini produksi skala kecil. Berbagai fasilitas tersebut membantu meningkatkan kesempatan kerja sama antara Barry Callebaut dengan para pelanggan dari kalangan industri. Keberadaan fasilitas tersebut bisa menunjang kebutuhan pengembangan prototipe dan konsep, serta proses evaluasi karakteristik kakao seperti tingkat keasaman, warna, dan aroma, sehingga sesuai dengan kebutuhan atau standar yang seharusnya (sensory evaluation). Selain itu, pusat aplikasi kakao ini menawarkan bantuan teknik, pelatihan, serta penelitian untuk produk dan bahan kakao.

Bisnis cokelat yang sedang berkembang di Indonesia

Selain kegiatan bisnis kakao, Barry Callebaut juga memiliki dua pabrik produksi coklat di kawasan industri Gresik dan Rancaekek Sumedang.

Barry Callebaut memproduksi cokelat untuk perusahaan konfeksioneri (produsen camilan manis) dan produsen makanan lainnya yang menggunakan cokelat sebagai salah satu bahan baku produksinya. Perusahaan juga menjadi mitra outsourcing bagi banyak produsen makanan Indonesia dengan kebutuhan produk cokelat berkualitas tinggi yang jumlahnya terus bertumbuh. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan Barry Callebaut telah memperluas kapasitas produksi pabrik cokelatnya.

Perusahaan Barry Callebaut juga mengimpor cokelat premium dari Eropa untuk pengguna cokelat artisanal dan profesional, (seperti pembuat cokelat, chef, pembuat roti, hotel, restoran, dan katering). Produk gourmet ini telah mendorong pertumbuhan bisnis Barry Callebaut di Indonesia. Dari sisi volume, bisnis gourmet Barry Callebaut di Indonesia terus bertumbuh. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan tersebut bahkan mencapai hingga dua kali lipat.

Maju dengan upaya keberlanjutannya di Indonesia

Selain itu, Barry Callebaut juga memiliki kegiatan bisnis lain seperti pusat pengumpulan biji kakao, pencarian dan pengadaan biji kakao, dan penyediaan fasilitator lapangan di Sumatera dan Sulawesi yang memberikan pelatihan kepada petani kakao lokal tentang praktik pertanian yang baik dan keberlanjutan.

Barry Callebaut memiliki lebih dari 200 fasilitator lapangan yang terlibat langsung dengan lebih dari 40.000 petani terkait dengan kebutuhan distribusi bibit, pelatihan mitigasi pekerja anak, dan peningkatan fokus pada Farm Business Plans serta proyek masyarakat. Perusahaan juga telah menyalurkan lebih dari US$2 juta sebagai premium fee penjualan biji kakao dari para petani kakao yang telah disertifikasi dalam 2 tahun terakhir.

Tentang Barry Callebaut Group (www.barry-callebaut.com):

Dengan penjualan tahunan sekitar CHF 7,2 miliar (EUR 6,6 miliar / US$ 7,9 miliar) pada tahun buku 2020/21, Barry Callebaut Group asal Zurich menjadi produsen cokelat bermutu tinggi dan produk kakao terkemuka dunia -- dari mencari pasokan dan pengolahan biji-biji kakao hingga memproduksi cokelat terbaik, termasuk "filling", dekorasi dan bahan campuran cokelat. Barry Callebaut Group memiliki lebih dari 60 fasilitas produksi di dunia, serta didukung oleh tenaga kerja yang beraneka ragam dan berdedikasi sebanyak lebih dari 13.000 orang.

Barry Callebaut Group melayani seluruh industri makanan, dari kalangan produsen makanan industri hingga pengguna cokelat artisan dan bertaraf profesional, seperti "chocolatier", pembuat kue, tukang roti, hotel, restoran dan katering. Merek-merek global yang melayani kebutuhan konsumen di segmen Gourmet ini adalah Callebaut, dan Cacao Barry, Carma, serta spesialis dekorasi cokelat Mona Lisa.

Barry Callebaut Group bertekad untuk menjadikan cokelat lestari sebagai standar industri pada 2025 guna menjamin masa depan pasokan kakao dan meningkatkan taraf hidup para petani. Perusahaan mendukung Cocoa Horizons Foundation dalam misinya untuk merumuskan masa depan kakao dan cokelat lestari. (jatengaja.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories