Berikut 4 Cara untuk Tetap Tenang saat Merawat Anak di Rumah

Stres Karena Anak? Berikut 4 Cara untuk Tetap Tenang (Pexels)

Wajar bagi orang tua untuk merasa stres dengan tingkah anak mereka. Anak tidak seperti orang dewasa karena pemikiran mereka belum matang. Anda mungkin merasakan beragam emosi negatif seperti kesal, marah, hingga frustasi selama menjalani tanggung jawab untuk mengasuh anak.

Namun, ketika Anda mampu untuk tetap bersikap tenang, Anda akan memperoleh banyak manfaat karena anak Anda juga akan meniru bagaimana cara Anda menghadapi situasi yang stres. Anda tentu tak ingin menjadi contoh yang buruk bagi anak Anda kan?

Dilansir dari patient.info, berikut adalah 4 cara agar tetap tenang ketika stres menghadapi tingkah anak.

1. Luangkan waktu

Ketika Anda sudah merasa sangat stres, ambillah waktu. Jika memungkinkan beri diri Anda istirahat selama lima menit. Pergi dan buatlah secangkir teh atau segelas air untuk diri Anda sendiri. Selain itu, visualisasikan dalam pikiran Anda sebuah tempat yang bahagia, tenang dan istimewa. Berlatihlah untuk memvisualisasikan tempat itu ketika Anda tidak stres pada awalnya, lalu bawa diri Anda ke sana saat Anda merasa stres. Hal ini mampu membuat Anda merasa lebih tenang.

2. Fokus pada pernapasan Anda

Bernapas dalam-dalam dapat membantu Anda untuk rileks. Tarik napas dalam-dalam dari perut Anda. Ini akan menggeser kita menuju sistem istirahat dan pemulihan. Menarik napas dalam-dalam juga akan mematikan respon stres dalam diri kita.

3. Sadari mengapa anak bertindak dengan cara tertentu

Penting juga untuk diingat bahwa anak-anak tidak berpikir seperti orang dewasa karena otak mereka belum matang. Kemampuan mereka untuk berpikir, bernalar dan mengatur emosi mereka berkembang seiring berjalannya waktu. Pahami ini agar Anda dapat melihat lebih jelas alasan mereka bertindak dengan cara tertentu. Akan lebih baik jika Anda ikut mencoba merasionalisasi dan terlibat dalam penyebab kesusahan mereka.  

4. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Tidak mudah untuk menemukan waktu bersantai ketika Anda adalah orang tua. Namun, Anda tidak boleh melewatkan perawatan diri. Perawatan diri dapat membantu Anda tetap tenang dalam situasi stres. Contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan adalah pergi minum kopi sendirian, bertemu teman, pergi ke kelas olahraga, atau membaca buku di kamar mandi tanpa gangguan.

(TrenAsia.com)

Editor: emylmaulana

Related Stories