Bill Gates Mau Pensiun Jadi Orang Kaya

Bill Gates Peringatkan Dunia untuk Bersiap Hadapi Ancaman  Bioterorisme (Instagram.com/thisisbillgates)

Miliarder sekaligus filantropis Bill Gates mengatakan niatnya untuk pensiun sebagai orang kaya. Hal ini dilakukannya dengan memberikan seluruh harta kekayaan yang telah diperolehnya melalui Microsoft pada yayasan miliknya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Niat Bill Gates untuk berhenti jadi orang kaya diumumkan lewat unggahan Twitter. Lewat kicauan akun resminya, Bill Gates mengumumkan bahwa dirinya akan mentransfer US$20 miliar atau Rp229 triliun (asumsi kurs Rp14.900 per dolar AS) ke dana abadi yayasan bulan ini.

Perpindahan dana tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengeluaran menjadi US$9 miliar atau Rp134 triliun per tahun pada 2026.

"Saat saya melihat ke masa depan, saya berencana untuk memberikan hampir semua kekayaan saya ke yayasan. Saya akan turun dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia," tulis Gates seperti dikutip TrenAsia.com dari Bussines Insider Kamis, 14 Juli 2022.

Dalam unggahannya, Gates juga mengucapkan terima kasihnya pada miliarder sekaligus investor Warren Buffet atas kontribusinya pada Bill and Melinda Gates Foundation.

Perlu diketahui, Buffett, Gates, dan Melinda French Gates mendirikan sebuah prakarsa yang disebut The Giving Pledge pada tahun 2010.

Aksi ini dikenal sebagai gerakan dermawan yang berkomitmen untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk filantropi atau tujuan amal. Baik selama hidup mereka atau dalam wasiat mereka.The Giving Pledge sendiri saat ini memiliki 200 anggota yang terdiri dari para milirder dunia.

"Saya memiliki kewajiban untuk mengembalikan sumber daya saya kepada masyarakat dengan cara yang memiliki dampak terbesar untuk mengurangi penderitaan dan meningkatkan kehidupan. Dan saya berharap orang lain yang memiliki kekayaan besar dan hak istimewa akan melangkah pada saat ini juga," tulis Gates lagi.

Gates sendiri diketahui sebagai salah satu miliarder yang vokal mengenai perlunya memberikan kekayaannya untuk mengatasi masalah global seperti perubahan iklim.

Dia bahkan mengatakan kekayaannya tidak akan diwariskan kepada anak-anaknya untuk menjadi miliarder karena dia memberikan begitu banyak.

Dalam Bloomberg Miliarder Index, saat ini Bill Gates memiliki kekayaan bersih sebesar US$114 miliar atau setara Rp1,7 kuadriliun. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories