BLT BBM, Kemensos Gelontorkan Bantuan Lainnya

Siap-Siap Selain BLT BBM, Kemensos Gelontorkan Bantuan Lainnya (null)

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai bentuk pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Namun ini bukan satu-satunya bantuan yang diberikan Kemensos.

Sekjen Kemensos Harry Hikmat mengatakan, per 7 September 2022 BLT BBM telah tersalurkan kepada 83.608 KPM di 34 Provinsi. BLT BBM yang diberikan sebesar Rp150.000 per bulan dengan dua kali penyaluran.

"Realisasi per 7 September 83.608 KPM, sudah bergerak di Jawa Barat kemudian Jawa Timur tertinggi penyalurannya," kata Harry dalam Diskusi Virtual bersama Ombudsman RI pada Kamis, 8 September 2022.

Adapun penyaluran rincihan penyaluran tertinggi di Jawa Barat menyasar 26.549 KPM, disusul Jawa Timur yaitu 11.003 KPM. Namun Harry menyebut, BLT BBM ini merupakan penebalan bantalan sosial untuk skema-skema perlindungan sosial (perlinsos) yang telah berjalan.

Menurutnya, BLT BBM bukan satu-satunya skema perlinsos yang digulirkan untuk September dan Desember pada tahun 2022. Nanti pemerintah juga akan memberikan bantuan Kartu Sembako yang akan diberikan dalam bentuk cash setiap bulan sebanyak Rp200.000.

Nantinya para KPM yang terdata pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) akan menerima total Rp500.000 yang terdiri dari bantuan kartu sembako dan BLT BBM pada periode September dan Desember dengan skema penyaluran unconditional cash transfer (tunai).

Lalu untuk KPM program keluarga harapan (PKH), skema bantuan sama conditional cash transfer, namun nilainya bervariasi karena tergantung dari kebutuhan tiap KPM seperti ibu hamil, anak sekolah, lansia hingga penyandang disabilitas. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories