BMKG Sarankan Masyarakat Cek Ulang Arah Kibat pada 26-30 Mei 2022, Matahari di Atas Ka'bah

Ilustrasi. Matahari di atas ka'bah (Sumber foto: dok islamicapplications2014.wordpress.com)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat, menyebutkan pada rentang tanggal 26-30 Mei 2022, matahari akan berada tepat diatas ka'bah. Pada Fenomena tersebut, khusus untuk wilayah Indonesia Tengah dan Barat, disarankan untuk cek kembali arah kiblat.

"Pada rentang tanggal itu, masyarakat bisa cek kembali arah kiblatnya. Karena dengan posisi matahari di atas ka'bah, bisa memastikan arah kiblat," tulis BMKG Padang Panjang dalam siaran pers resmi, Sabtu 28 Mei 2022.

BMKG menjelaskan untuk melakukan pengecekan arah kiblat itu tidak bisa dengan cara kasat mata saja. Tapi masyarakat bisa menyesuaikan jamnya yakni jam atom BMKG."Jam atom BMKG ini dapat diakses di laman jam.bmkg.go.id atau di laman ntp.bmkg.go.id. Jadi masyarakat bisa gunakan jam atom itu," imbau BMKG.

Untuk waktu pengecekan dilakukan dengan proses kalibrasi sejak lima menit sebelum dan sesudah pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA, dan itu disebut sebagai waktu puncak.
 
Selanjutnya, pengecekan dilakukan dengan memperhatikan arah bayangan yang terjadi di waktu puncak.

“Tarik garis dari ujung bayangan hingga ke posisi alat. Garis itulah arah kiblat yang sudah dikalibrasi dengan posisi matahari saat tepat berada diatas ka'bah,” dijelaskan dalam keterangan tertulis itu.

Editor: Redaksi

Related Stories