Buah-buahan Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Bawa Keberuntungan di 2023

Inilah 6 Buah Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Bawa Keberuntungan di Tahun 2023 (Pexels.com/ Angela Roma)

Tahun Baru Imlek akan diperingati pada tanggal 22 Januari 2023 nanti. Pada perayaan ini tentu kental dengan budaya dan tradisi yang dipercaya membawa keberuntungan.

Selain hidangan, buah-buahan pembawa keberuntungan juga jadi bagian penting dari perayaan Tahun Baru Imlek. Bunga dan buah memiliki makna khusus selama Tahun Baru Imlek. Berikut beberapa buah yang dipercaya bawa keberuntungan di tahun 2023 seperti yang dilansir dari laman China Highlights.

Buah Khas Tahun Baru Imlek yang Dipercaya Bawa Keberuntungan di Tahun 2023

1. Tangerine atau Pohon Kumquat - Simbol Kekayaan dan Keberuntungan.

Pohon kum quat adalah tanaman yang sangat populer sebagai dekorasi selama liburan Tahun Baru Imlek. Hal ini karena pohon tersebut melambangkan harapan akan kekayaan dan keberuntungan. Selain itu, dalam bahasa Kanton dan Mandarin, nama pohon tersebut terdengar seperti kata untuk ‘keberuntungan’.

2. Jeruk - Simbol Kebahagiaan dan Kelimpahan

Jeruk sangat populer dari minggu-minggu sebelum Festival Musim semi. Anda tentu sering melihat tanaman pot dengan jeruk berukuran mini ini. 

Warna oranye pada buah jeruk tampak seperti matahari dan selaras dengan prinsip Yang (positif) sehingga menjadi simbol kelimpahan dan kebahagiaan yang sangat menguntungkan. 

3. Apel - Simbol Harmoni dan Kedamaian

Dalam budaya Tionghoa, kata apel ‘ping guo’ homofon untuk kata ‘ping’ yang artinya damai atau ketenangan. Oleh karena itu, buah apel melambangkan keinginan akan kedamaian. Apel hijau melambangkan uang, sedangkan apel merah melambangkan kemakmuran dan kelimpahan.

4. Semangka - Simbol Kekayaan dan Kemakmuran

Semangka merupakan simbol sumber kekayaan. Selain itu, semangka juga adalah simbol kesuburan karena ada banyak biji yang dikandungnya.

5. Anggur - Simbol Kekayaan dan Keberuntungan

Anggur dikenal sebagai buah yang mewah. Anggur melambangkan kekayaan, keberuntungan, kesuburan, dan kemakmuran.

6. Pomelos - Simbol Keberuntungan dan Persatuan Keluarga

Buah Pomelo digunakan dalam memasak saat sedang musim tepatnya sebelum tahun baru. Buah-buahan ini dipercaya mampu membawa keberuntungan bagi rumah tangga.

Sudah menjadi tradisi umum bagi masyarakat untuk mendekorasi rumah dengan satu atau sepasang buah pomelo. Sepasang pomelo lebih baik karena seperti yang banyak dikatakan yaitu semua hal baik datang berpasangan. Selain itu, buah ini juga melambangkan keutuhan keluarga.

Itu tadi 6 buah khas tahun baru Imlek yang dipercaya mampu membawa keberuntungan pada tahun 2023. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Tags Imlek 2023Bagikan

Related Stories