Cara Hemat yang Bermanfaat Saat Menanti Berbuka Puasa

Tips Ngabuburit Hemat Saat Bulan Puasa (Freepik/BalashMirzabey)

JAKARTA - Pengeluaran selama bulan puasa dan menjelang lebaran pada umumnya cenderung meningkat. Padahal rencananya ingin menabung karena terkesan tidak banyak makan seperti bulan-bulan lainnya.

Namun, ternyata ada saja uang yang harus kita keluarkan untuk buka bersama, membeli pakaian untuk Hari Raya, memberikan THR kepada adik sepupu dan keponakan, hingga tergiur oleh berbagai promosi dan diskon Ramadan yang merajalela. Begitulah hidup, kadang tak sesuai yang diharapkan.

Tapi, jangan khawatir, masih ada beberapa cara untuk tetap bisa menabung di bulan puasa ini, salah satunya dengan ngabuburit. Kegiatan ini bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk mengisi waktu menunggu berbuka tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Berikut adalah tips hemat ngabuburit tanpa mengeluarkan uang banyak.

Tips Hemat Ngabuburit Saat Puasa Ramadan

Maraton Film

Tentu saja, tidak lengkap tanpa binge-watch serial TV atau maraton film. Kalian bisa cek daftar film hingga K-Drama yang cocok ditonton saat menunggu buka puasa. Bulan Ramadan adalah momen yang pas untuk menonton berbagai serial dan film yang selama ini tertunda.

DIY Pampering

Memanjakan diri di spa atau salon terdengar sangat menggoda, terutama saat bulan Ramadan—kulit dan tubuh butuh recharge, bukan?

Namun, alih-alih menghabiskan uang untuk perawatan di luar, kenapa tidak manjakan diri di rumah saja? Layak untuk dicoba, bukan?

Selain menghemat biaya, kegiatan ini juga dapat mengisi waktu dengan menyenangkan karena kalian akan terlibat langsung dalam menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari masker wajah, masker rambut, hingga menyiapkan bathtub (jika ingin berendam).

Bersih-bersih

Siapa yang sering menunda untuk membersihkan kamar? Nah, kesempatan, nih! Gunakan waktu menjelang berbuka puasa untuk membersihkan kamar dan menyortir barang-barang. Coba pikirkan, kapan lagi kesempatan yang lebih pas? Kalau tidak dilakukan selama bulan puasa ini, mungkin akan terus ditunda lagi.

Mewarnai

Eksplorasi kepekaan seni dalam dirimu selama bulan Ramadan ini! Kamu tak perlu membuat karya yang rumit, masih ada cara lain untuk berkreasi, misalnya dengan mewarnai adult coloring book. Ya, bukan hanya anak-anak yang bisa menikmati kegiatan ini, sekarang ada versi khusus untuk orang dewasa.

Buku mewarnai ini sengaja dirancang untuk meredakan pikiran dan mengurangi stres, jadi bisa jadi kegiatan yang membuatmu teralihkan dari kesibukan puasa.

Adult coloring book dapat ditemukan di toko buku terdekat atau online shop. Soal harga, ini cukup terjangkau, yakni di bawah Rp100.000.

Yoga

Menunggu buka puasa dengan yoga? Kalau ditanya lelah atau tidak, jawabannya tidak, malah membuat badan kalian segar, loh. Menggerakkan tubuh saat menunggu waktu berbuka bisa menyegarkan, terutama dengan yoga. Jenis olahraga ini tidak membutuhkan banyak tenaga tapi tetap membuat tubuh bugar. Selain itu, yoga bisa dilakukan di rumah, jadi bisa menghemat biaya.

Dan kalau membutuhkan panduan, kalian bisa menggunakan YouTube.

Waktu yang ideal untuk berlatih yoga saat bulan puasa adalah sekitar 45 menit sebelum adzan maghrib berkumandang. Dalam rentang waktu ini, kalian tidak akan terlalu merasa lelah, dan akan selesai yoga tepat pada saat berbuka puasa.

Itu dia beberapa kegiatan bermanfaat selama bulan puasa tanpa menghabiskan uang banyak. Dengan adanya kegiatan tersebut, kalian bisa menghemat pengeluaran dan masih ada kesempatan untuk menyimpan uang kalian.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 13 Mar 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 13 Mar 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories