Cara Sederhana Cek Perkiraan Tagihan Listrik Langsung dari Smartphone

Cek Lewat HP, Ini Cara Ketahui Perkiraan Tagihan Listrik Anda (https://ik.imagekit.io/tk6ir0e7mng/uploads/2020/04/Ilustrasi-Listrik-PLN-2.jpg)

JAKARTA - Awal bulan memang sering dijadikan momen untuk membayar berbagai tagihan kebutuhan rumah tangga, salah satunya tagihan listrik. Kini, PT PLN (Persero) telah memberi kemudahan bagi pelanggan pascabayar untuk mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik setiap bulan. 

Anda bisa memeriksa perkiraan tagihan listrik setiap bulannya lewat fitur Catat Meter secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, sebelum tagihan resmi keluar.

“Melalui fitur Catat Meter, pelanggan pascabayar bisa mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Untuk pencatatan meter mandiri bisa dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Triantodikutip dari laman PLN, Selasa 30 Januari 2024.

Gregorius mengatakan, pelanggan juga tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur tersebut.

Cara Membaca Meter Mandiri Melalui Aplikasi PLN Mobile

Berikut langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile:

1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
4. Pilih ID Pelanggan
5. Masukan angka stand meter
6. Kirim

Gregorius melanjutkan, setelah pelanggan melakukan langkah di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, layanan Catat Meter Mandiri di PLN Mobile ini sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

“Selain bisa mengetahui estimasi tagihan lebih awal. Dengan catat meter mandiri, privasi pelanggan juga lebih terjaga, karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di kWh meter,” ujar Gregorius. 

Gregorius berharap, hadirnya berbagai fitur PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan bisa mengakses seluruh layanan tanpa perlu lagi ke kantor PLN. Mulai dari melakukan transaksi kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri.

“Pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile bisa mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore secara gratis,” pungkas Gregorius.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 03 Feb 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 06 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories