Coba Cek Sekarang, Ini 5 Ciri-ciri Laptop Anda Sudah Diretas

Waspada! Ini 5 Ciri-ciri Laptop Anda Sudah Diretas (Freepik.com)

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran banyak orang yang menggunakan internet adalah takut bahwa perangkat bisa diretas. Tidak peduli seberapa berhati-hati Anda saat online, Anda tetap menjadi target potensial bagi peretas.

Peretas juga akan memangsa siapa saja yang tampak rentan baik itu kata sandi yang mudah ditebak atau informasi publik yang memudahkan untuk doxxing. Selain itu, hal yang menakutkan adalah Anda mungkin tidak tahu bahwa komputer atau laptop Anda disusupi. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-ciri komputer atau laptop yang berhasil diretas, berikut ini.

Ciri-ciri Laptop Anda Sudah Diretas

1. Baterai komputer atau laptop terkuras dengan cepat

Komputer atau laptop yang diretas akan bekerja secara tidak efisien. Salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui apakah mesin atau perangkat seluler disusupi spyware atau virus lainnya yaitu dengan memperhatikan suhu laptop dan masa pakai baterai.

Jika kipas laptop atau komputer bekerja dengan lebih cepat atau terasa sangat panas, serta baterainya tiba-tiba perlu diisi tiga atau empat kali sehari maka itu artinya ada malware yang sedang berjalan dan menggunakan lebih banyak daya secara signifikan.

2. Kinerjanya jadi lambat

Jika laptop tiba-tiba membutuhkan waktu lama untuk boot atau membuka aplikasi, maka laptop mungkin terkena infeksi malware. Perangkat lunak berbahaya seperti virus atau Trojan dapat berjalan di background laptop, menghabiskan banyak memori laptop dan memperlambat kinerja perangkat.

3. Program secara otomatis terhubung ke internet

Waspadai program yang terhubung ke internet bahkan saat Anda tidak menggunakannya. 

4. Webcam menyala secara acak

Mata-mata online tidak hanya ingin menangkap aktivitas Anda, tapi juga ingin melihat sekilas berbagai kata sandi saat Anda mengetiknya. 

5. Konsumsi data internet yang luar biasa tinggi

Coba lihat apakah penggunaan internet Anda tiba-tiba meroket? Jika laptop Anda sedang diretas, peretas secara agresif akan menjelajahi sistem untuk mendapatkan sebanyak mungkin data dan informasi sensitif. Mereka mungkin juga menggunakan sistem Anda untuk mencoba menjangkau dan mengontrol orang-orang yang ada di kontak Anda. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories