Dampak Inflasi: Mengapa Dana Pensiun Perlu Disiapkan Sejak Dini

Alasan Dana Pensiun Harus Anda Persiapkan Sejak Awal, Akibat Inflasi? (Istimewa)

JAKARTA - Pernahkah Anda berpikir bahwa inflasi dapat sangat berpengaruh pada kondisi keuangan Anda di masa depan? Inflasi ternyata juga dapat menjadi ancaman serius yang bisa mengancam kondisi finansial, jika tidak diantisipasi dengan baik.

Apa Itu Inflasi?

Seperti yang dilansir dari OJK, inflasi adalah suatu kondisi kenaikan harga secara terus menerus dari barang dan jasa yang bisa membuat uang jadi kehilangan daya beli seiring berjalannya waktu. Itu artinya, di masa depan uang yang Anda miliki tidak akan memiliki daya beli yang sama seperti sekarang.

Cara Menghadapi Inflasi

Inflasi di masa yang akan datang adalah tantangan nyata yang perlu Anda siapkan dari sekarang, apalagi saat Anda sedang merencanakan pensiun. Alasannya adalah masa pensiun tentu berlangsung lama, bisa selama 20, 30, atau bahkan 40 tahun setelah Anda berhenti dari pekerjaan Anda. Selama periode pensiun yang panjang ini, karena ada inflasi maka daya beli uang Anda dapat menurun secara signifikan, jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Oleh karena itu, salah satu strategi terbaik untuk melindungi dana pensiun dari dampak inflasi adalah dengan berinvestasi. Investasi yang Anda lakukan tak hanya dapat membantu Anda dalam menghadapi kondisi inflasi, tapi juga dapat meningkatkan nilai portofolio investasi Anda seiring berjalannya waktu.

Maka dari itu, Anda perlu memilih instrumen investasi yang dapat memberikan hasil di atas tingkat inflasi, seperti saham atau properti. Meski begitu, Anda tetap perlu mempertimbangkan risiko dari setiap investasi yang Anda gunakan.

Anda juga perlu untuk mempertimbangkan instrumen keuangan yang menawarkan penyesuaian terhadap inflasi, seperti obligasi yang dilindungi oleh inflasi atau produk keuangan yang serupa. Cara tersebut akan membantu Anda mempertahankan daya beli dari dana pensiun yang Anda miliki.

Alasan Dana Pensiun Perlu Dipersiapkan Mulai dari Sekarang

Anda butuh untuk mempersiapkan pensiun mulai dari sekarang. Hal ini karena semakin cepat Anda menyisihkan dana untuk masa pensiun, semakin besar potensi terkumpulnya dana dan menghadapi inflasi di masa depan.

Dengan menyiapkan dana pensiun jauh lebih awal, maka Anda dapat memanfaatkan keuntungan bunga majemuk, yaitu ketika investasi Anda menghasilkan keuntungan dari keuntungan yang Anda hasilkan. Hal itu juga yang akan memberi Anda waktu lebih banyak untuk menyesuaikan strategi investasi Anda agar sesuai dengan tujuan keuangan jangka panjang.

Cara Mempersiapkan Dana Pensiun

Berikut beberapa tips mempersiapkan dana pensiun yang perlu Anda lakukan, seperti yang dilansir dari OJK.

  1. Hitung jumlah kebutuhan dana saat masa pensiun terlebih dahulu, dengan menyesuaikan biaya hidup dan nilai inflasi.
  2. Sisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk program pensiun secara konsisten untuk mencapai target dana tertentu.
  3. Anda juga bisa menggunakan instrumen keuangan yang cocok, seperti program pensiun saham, reksa dana saham, emas, atau deposito dan produk investasi lainnya.
  4. Anda juga bisa mengikuti program dana pensiun sesuai dengan yang Anda butuhkan. Anda perlu memahami manfaat dan risiko dari setiap program tersebut serta penuhi hak dan kewajiban sebagai nasabah.
  5. Pilih produk dan perusahaan pengelola dana pensiun yang berizin dan diawasi oleh OJK. Anda juga perlu memeriksa perusahaan tersebut terlebih dahulu tentang legalitas dan kredibilitas perusahaan yang menawarkan program pensiun. 

Itu tadi penjelasan tentang dana pensiun yang perlu Anda persiapkan mulai dari sekarang.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 15 Jul 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories