Ekonomi
Di Dua Daerah Ini Transaksi Tokopedia Meningkat Hampir Dua Kali Lipat
Tokopedia mencatat jumlah transaksi sepanjang 2021 di Jawa Tengah dan Solo yang
mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.
Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan kategori Kesehatan, Handphone & Tablet, Elektronik, Makanan & Minuman, Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi.
Sedangkan dari sisi konsumen, kata Ekhel Tokopedia mencatat terjadinya peningkatan pengguna hampir dua kali lipat di Jawa Tengah pada periode 2021 dibandingkan pada tahun 2020.
"Kini masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses produk dan layanan Tokopedia, serta membeli dan memakai produk dari toko lokal untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.
- Kabar Gembira, Pasar Kripto Mulai Pulih
- Kasus Cacar Monyet Meluas di Sejumlah Negara, Ini Gejalanya
- Selama April 2022, PT Semen Padang Ekspor Semen 42.833 MT
- Calon Jemaah Haji Asal Pariaman 2022 Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Dia menjelaskan tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif mulai dari Home Living SALEbrationsyang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.
Selain itu, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Juga Tokopedia Nyam! di mana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien.
"Tokopedia juga terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha, termasuk pegiat UMKM lokal, untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi melalui beberapa inisiatif hyperlocal, " papar Ekhel.
Salah satu inisiatif hyperlocal adalah dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan
yang sama untuk bertumbuh, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
Selain itu, Tokopedia juga mengadakan Kelas Maju Digital (KMD) yang dilaksanakan di beberapa daerahdi Indonesia.
Webinar telah sukses dilaksanakan di Jakarta dan di kota lainnya seperti; Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatera, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara yang sukses dihadiri oleh lebih dari 1.000 seller.