DPUTR Agam Kerahkan Dua Unit Alat Berat untuk Pembersihan Material Longsor Tanjuang Sani

Kondisi material longsor di wilayah Tanjuang Sani, Kabupaten Agam (dok AMC)

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Agam, turunkan dua unit alat berat untuk pembersihan material longsor di wilayah Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya.

Kabid Bina Marga DPUTR Agam, Gani Basya, Sabtu (18/12) mengatakan, alat yang diturunkan berupa ekskavator dan whell loader, kini masih dalam perjalanan menuju lokasi longsor.

“Jika alat sudah datang, maka pembersihan bisa langsung kita lakukan dan tidak perlu menunggu hujan berhenti,” ujarnya.

Menurutnya, apabila pengerjaan dilakukan secara kontinu dan dilihat dari keparahan longsor, pembersihan bisa diselesaikan sekitar dua pekan.

“Sebab longsor terjadi empat titik dengan material berupa batu dan kayu. Kita upayakan sebelum tahun baru pembersihan selesai dilakukan,” sebutnya.

Sementara itu, UPTD Balai Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi Sumbar Wilayah Utara juga berencana bakal bantu alat berat, untuk pembersihan material longsor tersebut.

“Kita sudah bicarakan dengan Kalaksa BPBD Agam. Alat diturunkan berupa ekskavator dari Balai Wilayah Sungai (BWS) V Padang,” ujar Kasi Pelaksana Operasi dan Pemeliharaan UPTD BSDA dan BK Sumbar Wilayah Utara, Syofian Tanjung di lokasi longsor. (AMC)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories