Dukung KA Cepat Whoosh, Damri Uji Coba Layanan Jabodetabek Airport Connexion (JAC)

Damri Uji Coba Hubungkan Stasiun KA Cepat Whoosh di Jakarta Timur dengan Bandara Soekarno Hatta (Foto: Akun X Perum DAMRI)

JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) DAMRI dikabarkan sedang menguji coba layanan baru yang menghubungkan Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim di Jakarta Timur dengan Bandara Soekarno Hatta di Tangerang. Layanan ini bernama Jabodetabek Airport Connexion (JAC) untuk mendukung operasional Kereta Cepat Whoosh. Hal itu merupakan hasil kolaborasi antara Perum DAMRI dengan PT KCIC, serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Operasional perdana layanan JAC DAMRI antara Stasiun Kereta Cepat Halim dengan Bandara Soekarno Hatta dimulai mulai Jumat, 17 November 2023. Meski begitu, Flag off uji coba layanan bus JAC telah dilakukan di Stasiun Kereta Cepat Halim pada Kamis, 16 November 2023. 

Selama masa uji coba, DAMRI memberikan diskon terhadap layanan JAC sebesar 50%. Harga tiket yang normalnya Rp80.000 hanya menjadi Rp40.000. Adapun operasional layanan DAMRI tersebut beroperasi pada pukul 05.00-20.00 WIB untuk keberangkatan dari Bandara Soetta. 

Sedangkan dari Stasiun Kereta Cepat Halim beroperasi pukul 07.00-22.00 WIB. Hal itu menyesuaikan jadwal Kereta Cepat Whoosh yang beroperasi mulai pukul 06.15-20.55 WIB.

“Penyediaan layanan ini merupakan upaya peningkatan konektivitas serta layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi para penikmat transportasi publik. DAMRI berharap integrasi antarmoda ini bisa membuahkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha DAMRI Dadan Rudiansyah dalam keterangannya, dikutip Jumat, 17 November 2023.

Dadan mengungkapkan layanan DAMRI di rute tersebut untuk memberikan pilihan kepada penumpang terkait dengan transportasi yang akan digunakan. Dalam Flag off uji coba kemarin, hadir Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Damri Joni Prasetiyanto, Kepala Divisi Komersil dan Pemasaran Damri Resta Mahardika, Kepala Divisi Pengembangan Usaha Damri Ramdhani Agung Sukirno dan jajaran manajemen lainnya serta Direktur Project Management & Business Development PT KCIC Allan Tandiono

Sebelumnya, DAMRI telah membuka layanan integrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Bandung pada 22 September 2023. Layanan shuttle tersebut melayani rute Stasiun Tegalluar – Stasiun Gedebage – Pool DAMRI Gedebage. Rute itu hadir berkat kerja sama antara Perum DAMRI dengan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Armada yang disediakan bagi para penumpang yang turun di Stasiun Kereta Api Tegalluar dan Pool DAMRI Gedebage dalam layanan shuttle itu berjenis HiAce dan bus medium. Adapun jadwal operasionalnya mengikuti jadwal Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Tegalluar. DAMRI tidak mengenakan tarif pada layanan tersebut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 17 Nov 2023 

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories