Ekspor Semen dan Klinker dari PT Semen Padang 2021 Telah Melebihi Target

Ilustrasi Semen Padang (dok PT Semen Padang/istimewa)

Terhitung sejak Januari hingga Oktober 2021 PT Semen Padang (Semen Indonesia Group) telah mengekspor semen sebanyak 451.614,94 Metrik Ton (MT) dan klinker sebanyak 1.273.528,98 MT ke berbagai negara. 

Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan mengatakan, ada empat negara yang menjadi tujuan ekspor PT Semen Padang yakni klinker diekspor ke Bangladesh, sedangkan semen, diekspor ke Australia, Maldives dan Sri Lanka.

"Semen yang diekspor terdiri dari dua tipe, yaitu OPC (52.5N) untuk Australia, dan tipe OPC (42.5N) untuk  Maldives dan  Sri Lanka," ujar Rahman Kurniawan, melalui keterangan tertulisnya, Selasa 9 November 2021.

Rahman optimis target ekspor klinker tahun 2021 bisa terwujud, karena  masih ada dua bulan lagi bagi PT Semen Padang untuk dapat mengejar target. 

"Mudah-mudahan sampai akhir tahun, target tersebut bisa terwujud," katanya. 

Terkait ekspor semen, kata Rahman , pada tahun 2021 ini PT Semen Padang juga ditargetkan untuk bisa mengekspor semen sebanyak 198.600 MT.  Hebatnya, PT Semen Padang sudah mewujudkan target sejak beberapa bulan lalu. 

Di akhir September 2021, PT Semen Padang sudah merealisasikan ekspor semen hingga 484 persen. "Itu baru presentasi per September, belum masuk Oktober. Kalau hingga Oktober ini, realisasinya itu sudah lebih dari 500 persen," sebutnya.

Rahman menambahkan, ekspor semen dan klinker oleh PT Semen Padang telah berlangsung secara berkesinambungan. Bahkan untuk ekspor tahun 2021 ini, PT Semen Padang juga melakukan kontrak jual beli semen dan klinker selama 1 tahun (Januari-Desember 2021).

"Dengan adanya kontrak jual beli semen dan klinker tersebut, PT Semen Padang pun juga komitmen untuk menjaga ketersediaan semen dan klinker. Mudah-mudahan, dengan adanya komitmen tersebut, kontrak jual beli ini dapat berlangsung untuk tahun depan dan selanjutnya," tambah Rahman. (rilis)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories