Elon Musk Bakal Beberkan Master Plan Ketiga Tesla

(null)

CEO Tesla Elon musk bakal mengungkapkan bagian ketiga dari master plan perusahaan pembuat kendaraan listrik tersebut. Menurut rencana, master plan tersebut akan dibeberkan pada 1 Maret mendatang.

Menurut bocoran yang ditulis Musk di akun twitternya, Rabu, 9 Februari 2023, Master plan ketiga Tesla akan lebih condong kepada jalan menuju masa depan energi.

"Master Plan 3, jalan menuju masa depan energi yang sepenuhnya berkelanjutan untuk Bumi akan dipresentasikan pada 1 Maret," kicau Musk sebagaimana dikutip TrenAsia.com.

Pada pertemuan pemegang saham tahunan Tesla di bulan Agustus, Musk mengatakan bagian ketiga dari Rencana Induknya terkait dengan penentuan skala produksi mobil dan rantai pasokan yang mendukungnya seperti bahan dan komponen baterai.

Sebelumnya, Musk menjabarkan Master Plan pertama dan kedua Tesla pada tahun 2006 dan 2016. Meski begitu, hingga saat ini, beberapa dari rencana tersebut belum terwujud.

Lebih rinci, Pada tahun 2006, Musk meluncurkan rencana rahasia yang mebahas pengadaan mobil listrik dengan harga terjangkau. Sayangnya, saat ini tetapi model termurah Tesla adalah US$43.490 atau kisaran Rp680 juta (asumsi kurs Rp15.100 per dolar AS di negara asalnya.

Pada tahun 2016, Musk meluncurkan Master plan kedua. Rencana ini mengutip  empat poin yang mencakup perluasan jajaran kendaraan listriknya ke semua segmen utama dan mencapai kemudi mandiri yang sebenarnya.

Saat ini, Truk listrik semi heavy duty-nya telah mulai merangcang prototype tahun lalu. sementara truk pick up Cybertruck-nya harus diundur ke tahun 2023.

Rencana 2016 juga membahas mengenai kendaraan otonom atau dapat mengemudi sendiri. Sayangnya, hal tersebut tak berjalan mulus. Hingga pada akhirnya, Musk mengatakan pada Oktober tahun lalu mobilnya tidak siap untuk tidak memiliki siapa pun di belakang kemudi.

Adapun master plan ketiga rencananya bakal dilakukan diadakan di gigafactory di Texas. Pada kesempatan tersebut,  Tesla mengatakan akan berbagi rincian tentang platform kendaraan generasi berikutnya, yang menurut Musk akan menghasilkan kendaraan sekitar setengah biaya dasar kendaraan Tesla saat ini.

Tesla juga mengatakan akan membahas rencana ekspansi jangka panjang, alokasi modal, dan topik lainnya. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan
Egi Caniago

Related Stories