Elon Musk Ungkap Siapa Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto

Masih Misterius Sampai Sekarang, Elon Musk Ungkap Siapa Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto (instagram.com/elonmusk, buybitcoin)

CEO Tesla, Elon Musk tampaknya setuju dengan pendapat banyak orang bahwa ahli cryptocurrency Nick Szabo mungkin adalah identitas di balik Satoshi Nakamoto, seorang pencipta mata uang digital bitcoin yang kini masih misterius.

Seperti yang dilansir dari laman Business Insider, Elon Musk mengatakan kepada peneliti kecerdasan buatan Lex Fridman, bahwa identitas Satoshi Nakamoto bisa ditelusuri lewat siapa yang menulis tentang ide-ide tersebut.

“Anda dapat melihat ide sebelum peluncuran bitcoin dan melihat siapa yang menulis tentang ide-ide itu,” kata Elon Musk seperti yang dilansir dari laman Business Insider pada 1 Januari 2022.

Namun, Elon Musk mengatakan sementara ini dia masih tidak tahu persis siapa yang menciptakan bitcoin, namun teori dari Szabo tampaknya yang menjadi dasar dari penciptaan cryptocurrency ini. Menurut Elon Musk, sepertinya Nick Szabo mungkin lebih dari siapapun bertanggung jawab atas evolusi ide-ide tersebut.

Hingga kini Nick Szabo mengaku bukan Satoshi Nakamoto, tapi Elon Musk tampak melihat Nick Szabo sebagai orang yang bertanggung jawab atas adanya ide di balik bitcoin ini daripada orang lain.

Sebelumnya, pada tahun 2014, tim peneliti linguistik mempelajari whitepaper bitcoin Nakamoto bersama dengan tulisan Szabo dan 10 pencipta lainnya. Para peneliti tersebut menemukan hasil yang tak terbantahkan.

Seperti yang dilansir dari laman CoinDesk, menurut para peneliti ada jumlah kesamaan linguistik yang luar biasa antara tulisan Szabo dan whitepaper bitcoin. Mereka juga menyebutkan bahwa tidak ada penulis lain yang mungkin mendekati kecocokan.

Pada laporan New York Times di tahun 2015, juga menyematkan penemuat bitcoin Szabo. Dia bahkan juga telah berbicara secara terbuka mengenai sejarah bitcoin dan teknologi blockchain, tapi berulang kali Szabo membantah klaim bahwa dirinya adalah penemu anonim di balik aset digital ini.

Nick Szabo sendiri merupakan seorang ilmuwan komputer, sarjana hukum, dan kriptografer yang dikenal karena penelitiannya dalam kontrak digital dan mata uang digital. Ia lulus dari University of Washington pada tahun 1989 lalu dan meraih gelar di bidang ilmu komputer. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai
Tags Bitcoinelon muskBagikan

Related Stories