Fenomena Inti Bumi Berputar Terbalik, Cek Faktanya

(null)

Sebuah penelitian menemukan bahwa saat ini inti Bumi berputar secara terbalik. Tak sebatas itu, dampak dari perubahan arah putaran inti bumi rupanya dapat dirasakan oleh manusia di permukaan Bumi.

Mengutip Popsci Senin, 30 Januari 2023, peneliti dari Universitas Peking China menyebutkan pada suatu waktu, rotasi inti Bumi sempat terhenti. Tak sampai di situ, mereka melaporkan putaran tersebut kemungkinan menjadi berbalik arah.

Para peneliti menambahkan jika hasil temuan itu merupakan perubahan rotasi dalam skala dekade. 

Sebagai informasi, inti Bumi terdiri atas dua lapisan. Lapisan tersebut yakni inti bumi yang cenderung cair serta bagian padat yang terdiri dari besi dan bisa berputar.

Peneliti seismolog Yi Yang dan Xiaodong Song mencoba menganalisis perbedaan bentuk gelombang dan waktu tempuhnya, berdasarkan data gempa bumi di jalur yang sama pada 1995-2021.

Dalam penemuan disebutkan, sebelum 2009,  rotasi bumi terjadi sedikit lebih cepat dari yang terjadi di permukaan dan bagian mantel. Namun sekitar tahun 2009, rotasi melambat dan pada akhirnya berhenti.

Menurut tim peneliti, hasil temuannya terkait dengan pembalikan rotasi inti. Peristiwa itu terjadi pada awal 1970-an lalu.

Mereka juga menambahkan apa yang terjadi pada rotasi terkait dengan perubahan di bagian permukaan. Misalnya terkait lamanya hari dan juga adanya perubahan medan magnet.

Kejadian di inti Bumi berdampak dengan variasi waktu untuk planet ini berputar pada porosnya. Dengan begitu, manusia bisa merasakan waktu satu hari yang berubah-ubah.

Para peneliti itu juga menyimpulkan fluktuasi rotasi inti sejalan dengan sejumlah perubahan periodik. Kejadian ini menunjukkan interaksi pada lapisan Bumi antara satu dengan lainnya.

Editor: Egi Caniago

Related Stories