Ini 5 Cara Mudah Mengatasi HP Android yang Sering Error

Hati-hati! Ini 5 Aplikasi Android Berbahaya 2021 yang Harus Segera Dihapus dari Ponsel (Pexels.com/PhotoMIX Company)

Memiliki ponsel atau smartphone android tentu memudahkan kegiatan sehari-hari. Namun, ponsel atau HP tentu tidak dapat terhindar dari masalah seperti error atau hang sehingga Anda tidak dapat mengakses aplikasi apapun.

Saat HP mengalami error atau berhenti mendadak, biasanya disebabkan karena prosesornya yang lambat atau memori ponsel sudah penuh sehingga tidak mencukupi kebutuhan untuk memproses input yang Anda berikan.

Tidak hanya itu, HP yang tiba-tiba error juga tentu bisa membuat Anda repot apabila sedang melakukan suatu pekerjaan yang darurat.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, coba praktikkan beberapa cara mengatasi HP android yang error berikut ini.

Restart atau Nyalakan Ulang

Pada umumnya, untuk mengatasi HP android yang error adalah dengan restart atau mematikan kemudian menghidupkannya kembali. Metode ini juga bisa Anda lakukan jika HP android Anda layarnya tidak responsif.

Hapus Cache

HP android yang error seperti antarmuka yang menjadi beku atau lambat biasanya disebabkan karena memori internalnya terisi atau penuh. Cobalah untuk menghapus aplikasi dan foto yang tidak digunakan lagi atau segera pindahkan ke microSD.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menutup aplikasi yang masih terbuka tapi tidak Anda gunakan lagi, menghapus cache aplikasi, dan membatasi penggunaan live wallpaper.

Hindari Menggunakan Aplikasi Terlalu Berat

Beberapa HP android tertentu mungkin bisa terasa sangat hangat setelah Anda menggunakan aplikasi yang terlalu berat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan aplikasi penghisap pemakaian CPU yang tinggi seperti Pokemon Go atau Facebook dalam jangka waktu yang lama.

Anda juga sebaiknya tidak menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya, dan jika HP mulai hangat segera istirahatkan ponsel Anda.

Perbarui Aplikasi

Jika aplikasi di HP android Anda macet karena berbagai alasan, cobalah untuk memeriksa apakah ada pembaruan terhadap aplikasi tersebut. Jika ada, cobalah untuk install pembaruan tersebut. Jika tidak, cobalah tutup paksa aplikasi dengan menggeseknya di menu multitask lalu buka kembali.

Jika Anda telah mencoba semua langkah yang telah disebutkan dan HP android Anda masih error, cobalah untuk mencari pertolongan dengan mengunjungi customer service resmi terdekat di kota Anda.

Petugas yang memperbaiki ponsel biasanya akan memberi tahu apa yang rusak dari HP android Anda dan akan menawarkan beberapa cara untuk mengatasinya. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories