Jangan Gunakan Pengisi Daya dan Kabel Pihak Ketiga, Ini Bahaya Bagi Ponsel Anda

Cara Login WhatsApp Web di Ponsel Android dan iPhone Tanpa Install Aplikasinya (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemilik ponsel Android adalah perangkat yang mudah panas atau overheating.

Hal ini tentu tidak membuat Anda nyaman untuk menggunakan ponsel karena merasakan panas dari ponsel tersebut.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencari dari mana panas itu berasal. Cara tersebut akan membantu Anda untuk menentukan letak masalah sehingga Anda mendapatkan solusi yang tepat.

Berikut beberapa cara mengatasi ponsel Android yang panas seperti yang dilansir dari laman Make Tech Easier.

Ponsel yang terlalu panas biasanya terkait dengan penggunaan daya baterai ponsel. CPU dan aplikasi yang membutuhkan grafis yang tinggi terutama game akan memberikan tekanan ekstra pada komponen tersebut yang menyebabkan baterai jadi mudah habis.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan aplikasi yang menguras baterai, biasanya aplikasi tersebut juga akan membuat ponsel Anda overheating.

Untuk melacak aplikasi tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mudah menggunakan fitur yang terdapat pada menu Setting atau Pengaturan di ponsel Android Anda. Pilih menu ‘Pengaturan’, klik ‘Baterai’, klik ‘Detail Penggunaan’.

Fitur tersebut akan menunjukkan kepada Anda aplikasi mana yang menggunakan baterai paling banyak di ponsel Anda. Tidak dapat dihindari jika browser web dan aplikasi berita favorit Anda mungkin akan mendapatkan peringkat tinggi.

Jika Anda melihat bahwa aplikasi tertentu memonopoli jumlah baterai yang tidak biasa, Anda dapat membatasi penggunaan baterai di latar belakang, yang akan membantu mendinginkan perangkat Anda.

Anda juga bisa menggunakan pilihan Background Restriction pada aplikasi di ponsel Anda agar aplikasi tersebut tidak menggunakan baterai saat Anda tidak menggunakannya.

Jangan Gunakan Pengisi Daya dan Kabel Pihak Ketiga

Pengisi daya kabel micro-USB yang digunakan bersama oleh sebagian besar perangkat Android sangat bagus karena bersifat universal, tetapi itu tidak berarti Anda harus menggunakan kabel dan pengisi daya lama untuk ponsel Anda.

Lingkungan tempat menyimpan ponsel juga berpengaruh pada suhu ponsel. Tidak ada gunanya Anda menggunakan aplikasi pendingin ponsel seperti Cooler Master jika Anda meletakkan ponsel di dekat jendela yang terpapar cahaya matahari secara langsung. (TrenAsia.com)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories