Ini Cara Hapus Malware dari Ponsel Android

Ada beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan ponsel melambat. (unsplash)

Sama seperti komputer, ponsel Android dapat menjadi sarang malware. Jika sudah terkena, itu akan memperlambat sistem kerja ponsel dan menciptakan gangguan yang mempersulit penggunaan ponsel. Anda harus segera menghentikannya untuk melindungi ponsel dan diri Anda.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan menghapus malware dan melindungi ponsel di masa mendatang:

Matikan ponsel

Setelah Anda yakin ponsel Anda diserang oleh malware, tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya. Ini mungkin tidak menghentikan malware yang menyebabkan kerusakan, tetapi dapat menghentikan masalah agar tidak memperburuk dan menghentikan upaya malware yang sedang berlangsung untuk mengakses jaringan terdekat.

Saat mematikan, Anda bisa memikirkan adakah aplikasi tertentu yang membawa malware ke perangkat Anda. Apabila Anda belum tahu, Anda bisa mengunduh aplikasi anti-malware. Namun, itu juga memerlukan pemulihan akses telepon ke internet yang memiliki sejumlah risiko.

Beralih ke mode aman saat bekerja

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat, alihkan ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan oleh aplikasi yang terinfeksi.

Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, aktifkan mode pesawat sebagai gantinya untuk memutuskan perangkat Anda dari jaringan apa pun.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan apa yang menyebabkan masalah malware, bahkan setelah mengunduh aplikasi keamanan Anda, dapat minta bantuan profesional. Ini adalah strategi yang baik jika ransomware yang semakin umum mengambil alih telepon Anda dan memblokir tindakan Anda. 

Buka Pengaturan dan temukan aplikasinya

Anda bisa melakukan cara ini jika sudah mengetahui aplikasi tertentu yang menjadi sarang malware.

Di Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian yang disebut Aplikasi.

Cari daftar semua aplikasi Anda saat ini. Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkap.

Gulir sampai Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi. Pilih aplikasi dan ini akan memunculkan opsi Uninstall, Force Close, atau Force Stop. Kerap kali Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya.

Hapus aplikasi yang terinfeksi

Anda dapat menghapus semua aplikasi yang terinfeksi dan mencurigakan dengan memilih Copot pemasangan dan perangkat Android Anda harus menghapus aplikasi yang dimaksud. Ini juga merupakan ide yang baik untuk meninjau daftar aplikasi Anda dan menghapus unduhan mencurigakan lain.

Dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat menghapus aplikasi yang bermasalah. Bahkan, opsi untuk menghapus mungkin tidak ada. Sebagai gantinya, Anda akan melihat opsi nonaktifkan. 

Aplikasi dengan kecerdasan super dan malware atau ransomware berbahaya dapat meretas pengaturan administrator Anda. Aplikasi mungkin telah memberikan pengaturan administratif untuk dirinya sendiri, melindungi dirinya dari penghapusan.

Unduh beberapa perlindungan malware

Sangat penting untuk menginstal perangkat lunak anti-virus. Setelah secara manual Anda menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah, Anda perlu meningkatkan keamanan ponsel secara keseluruhan. 

Cari aplikasi keamanan dengan semua fitur yang Anda inginkan. Aplikasi keamanan yang baik akan dapat menghapus file sampah atau spam, memindai virus, dan menjaga kerahasiaan informasi Anda.

Anda bisa mencoba Safe Security, Antivirus AVG, atau Antivirus Avast yang tersedia di Playstore. Setelah Anda mengunduh perlindungan yang tepat terhadap malware, Anda akan melihat perangkat Anda berfungsi lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu, perbarui perangkat lunak ke versi terbaru secara teratur. Sebab, tanpa pembaruan perangkat lunak, ponsel Anda akan jauh lebih terbuka untuk diserang. (KabarSiger)

Editor: Sutan Kampai

Related Stories