Ini Fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022

(null)

Ribuan penonton dan petinggi negara berkumpul di Stadion Al-Bayt untuk menyaksikan pesta pembukaan Piala Dunia 2022 sekaligus pertandingan pertama antara Tuan Rumah Qatar VS Ekuador.

Pembukaan berlangsung megah dan membuat decak kagum. Kejutan demi kejutan disajikan ke hadapan penonton sehingga menjadikan pesta pembuka menjadi semakin menarik.

Kilas balik pembukaan piala dunia Qatar 2022, berikut fakta menarik yang terjadi di awal pesta bola dunia Qatar tahun ini.

1. Undang Morgan Freeman

Kemunculan aktor kawakan Holywood, Morgan Freeman menjadi salah satu hal yang tak terduga pada pembukaan piala dunia tahun ini. Sesaat setelah muncul ke atas panggung, Morgan Freeman menyampaikan sejumlah pesan berisi persatuan dan keberagaman.

Mengutip pernyataan dari YouTUber bola, Roger Benner, beredar rumor bahwa kemunculan Morgan Freeman pada perhelatan Piala Dunia 2022 merupakan representasi dari AS yang sebetulnya memenangi hak menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Namun saat melakukan presentasi di Zurich 2010 lalu, secara mengejutkan Qatar keluar menjadi pemegang hak tuan rumah Piala Dunia 2022.

2. Melantunkan Ayat Al-Quran

Setelah kemunculan Morgan Freeman,Brand Ambasador Piala Dunia Qatar, Ghanim al Muftah menyusul ke atas panggung. Seolah menjawab pesan Morgan Freeman mengenai keberagaman dunia, Ghanim membalasnya dengan lantunan Al-Quran Surat Al Hujarat aya 13.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal," ujar Ghanim saat menerjemahkan arti surat tersebut.

3. Kemunculan Maskot Piala Dunia Tahun Sebelumnya

Pada perhelatan, hal lain yang dilakukan Qatar namun tak pernah dilakukan pada Pagelaran Piala Dunia lainnya adalah memunculkan ikon pesta bola dunia pada tahun-tahun sebelumnya.

Adapun maskot yang tampak mencolok pada pagelaran tersebut mulai dari Willie yang menjadi ikon Piala dunia Inggris 1966, Naranjito yang menjadi Maskot Spanyol Tahun 1982, Ciao Maskot Italia 1990, Footfix, Maskot Prancis, Ato, Kaz Dan Nox dari Jepang, Hingga Jabavika, Serigala putih dari Rusia.

Maskoyt resmi Piala dunia 2022, PAri Putih berjubah ala Arab bernama La'eeb dimunculkan paling terakhir.

4. Mix Lagu piala Dunia Sebelumnya

Setiap perhelatan piala dunia pasti memiliki lagunya resminya sendiri. Pada Piala dunia tahun ini, seluruh lagu resmi tersebut ditampilkan, mulai dari Ale-Ale Ricky MArtin hingga Waka Waka milik Shakira.

Setelah menampilkan Mix Lagu terdahulu, Salah satu member BTS, Jungkook muncul bersama penyanyi lokal, Fahad Al Kubaisi dengan membawakan lagu berjudul Dreamers

5. Disebut sebagai Pesta Piala Dunia Termahal

Banyaknya Bintang dan kejutan yang ditampilkan Qatar pada Upacara Pembukaan Pagelaran Piala Dunia 2022 disebut menjadikan pesta ini menjadi yang termegah. Tak heran jika piala dunia Qatar disebut sebagai Piala Dunia termahal sepanjang sejarah.

Menurut data statista, Qatar menghabiskan uang hingga US$220 miliar atau setara Rp3,4 kuadriliun atau kisaran 3,4 triliun (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS) untuk menggelar Piala Dunia 2022.  (sijori.id)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories