Kemenhub RI Hibahkan Bus Air dan Dermaga ke Pemkab Agam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menerima hibah berupa bus air dan dermaga dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Rabu (6/7/2022) (Foto: dok Pemkab Agam)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menerima hibah berupa bus air dan dermaga dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Rabu (6/7/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Handria Asmi menyebutkan hibah Barang Milik Negara (BMN) itu diterima langsung oleh Bupati Agam Andri Warman di Jakarta.

“Saat penyerahan hibah ini bupati turut didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah III Provinsi Sumbar, Ardono,” ujarnya dikutip dari relis Pemkab Agam.

Lebih lanjut disebutkan, hibah BMN yang diterima Pemkab Agam berupa dua bus air dan dua dermaga. Dirinci, kapal itu antara lain Bus Air Bujang Sembilan dan Bus Air Riak Danau. Kemudian Dermaga Tanjung Sani Danau Maninjau dan Dermaga Sungai Batang.

Dengan telah dihibahkan ini sambungnya, dua bus air dan dermaga ini telah bisa dimasukan ke daftar aset milik Pemkab Agam. Kemudian, Pemkab Agam sudah bisa menganggarkan dana untuk pengoperasian dan perawatan aset tersebut.

Kedapan, buas air dan dermaga tersebut akan dimaksimalkan sebagai moda transportasi danau. Selain itu, aset tersebut sekaligus menjadi penunjang visi pemerintah daerah terkait pelestarian Danau Maninjau.

“Bus air ini, baik Bujang Sembilan maupun Riak Danau dapat dipergunakan untuk mendukung pesona wisata di Agam, khususnya Danau Maninjau,” tutupnya.

Editor: Redaksi
Tags KemenhubBerita AgamBagikan

Related Stories