Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Kondisi Jalan Jelang Mudik Lebaran 2022

Jalan tol Trans Jawa (Brankas foto Trenasia)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memastikan kesiapan jalan tol nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Berbagai upaya sedang dilakukan menjelang lebaran 2022.

“Sekarang ini sedang dilakukan upaya-upaya dalam persiapan mudik lebaran. Dua minggu yang lalu kami sudah mengumpulkan semua BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) setelah Bapak Presiden mengumumkan untuk memperbolehkan mudik. Semua Balai Jalan Kementerian PUPR juga sudah kami instruksikan untuk menyiapkan semua kesiapan di jalan nasional termasuk marka-marka jalan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada Jumat, 8 April 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, akan memberikan perhatian untuk meningkatkan layanan pengguna jalan tol di setiap Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) dengan meningkatkan berbagai fasilitas, seperti area komersial untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menjaga toilet agar tetap bersih, prasarana yang ramah disabilitas, tempat ibadah, serta penataan taman di area TIP.

Selain itu, adanya pelebaran ruas jalan, perbaikan kondisi darurat kendaraan, serta duplikasi Jembatan juga menjadi target pengupayaan yang tengah dilakukan kementerian PUPR. 

Adapun kesiapan jelang mudik lebaran 2022 diberbagai jalan tol yakni, jalan Tol Pulau Jawa sekitar 94,2%, jalan Tol Pulau Bali-Mandara 98,3%, jalan Tol Sumatera 96,3%, Pulau Kalimantan, meliputi jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan kesiapan sekitar 85,4%, dan yang takhir pulau Sulawesi meliputi jalan Tol Ujung Pandang/Makassar, Tol Makassar, Tol Manado –Bitung dengan kondisi 93,2%.  (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi

Related Stories