Kuliner Banjarbaru Paling Hits, Ini Pilihan Lezat yang Harus Dicoba

Rekomendasi Kuliner Khas Banjarbaru yang Lezat dan Tidak Boleh Dilewatkan (Tim Pesen Makan)

JAKARTA - Banjarbaru adalah salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang kini menjadi ibu kota baru dari provinsi Kalsel. Bagi Anda pecinta makanan, Banjarbaru jadi destinasi yang wajib dikunjungi karena makanan khasnya memiliki ciri tersendiri yang wajib Anda coba.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner terbaik di Banjarbaru yang tidak boleh Anda lewatkan.

Rekomendasi Makanan Khas Banjarbaru

1. Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan seperti namanya yaitu dibuat dari perpaduan ketupat dan lauk ikan yang kemudian disajikan dengan kuah santan yang sebelumnya dimasak bersama ikan. Ikan yang digunakan seperti ikan karuan, gurame, atau gabus. Konon, ketupat yang digunakan dalam makanan ini beda dengan ketupat pada umumnya karena teksturnya disebut lebih padat karena menggunakan beras khusus.

Soto Banjar

Soto Banjar memiliki kuah yang bening dan kaya akan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan biji pala. Bukan menggunakan nasi, Soto Banjar biasanya dikonsumsi bersama dengan ketupat. Soto Banjar ini juga dilengkapi dengan suwiran daging ayam, telur rebus, bawang goreng, dan perkedel kentang.

Gangan Humbut

Gangan humbut adalah hidangan yang dibuat dari humbut yaitu batang kelapa muda yang disajikan bersama iga sapi atau ikan. Selain itu, di dalam satu porsi gangan humbut biasanya juga disajikan bersama labu kuning atau waluh, kacang panjang, dan daging kelapa muda.

Mandai

Mandai adalah kulit cempedak yang sering diolah dengan cara digoreng atau ditumis lalu dimanfaatkan sebagai lauk untuk makanan sehari-hari. Namun, kulit cempedak tersebut harus direndam dengan air garam terlebih dahulu sebelum diolah agar teksturnya semakin lunak.

Nasi Itik Gambut

Hidangan khas Banjar ini terdiri dari nasi yang telah dicampur dengan daging bebek dan dibumbui dengan bumbu habang. Biasanya, makanan ini dijual dalam kemasan bungkus daun pisang.

Itu tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Banjarbaru Kalimantan Selatan yang harus Anda coba.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 24 Okt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories