Kurs Dolar Hari Ini: Waspada! Meski Dibuka Menguat

Rupiah, mata uang Indonesia (Foto: Ismail Pohan/TrenAsia)

Nilai tukar rupiah (kurs rupiah) dibuka menguat ke Rp14.341 per dolar AS (Amerika Serikat) setara dengann menguat 0.09% berdasarkan data Bloomberg pada perdagangan Selasa, 5 April 2022 pukul 09:15 WIB.

Akan tetapi, peningkatan kurs rupiah masih dibayangi dengan potensi penurunan yang terjadi ke arah Rp14.380, dan potensi support di kisaran Rp14.330 per dolar AS.

Potensi tekanan tersebut diuangkapkan oleh Analis Keuangan Ariston Tjendra, menurutnya rupiah berpotensi dalam tekanan seiringan denga kekhawatiran pasar terhadap kenaikan inflasi imbas dari rencana penerapan sanksi baru ke Rusia.

"Rencana sanksi baru tersebut kembali mendorong naik harga minyak mentah dunia yang akan memicu inflasi lebih tinggi lagi," kata Ariston pada Tren Asia.com, Selasa, 5 April 2022.

Kemudian sentimen kebijakan pengetatan moneter yang semakin agresif juga masih menjadi penghambat naiknya nilai tukar lainnya terhadap dolar AS.

Sementara itu, katalis positif masih datang dari pelonggaran aktivitas dalam negeri yang hingga kini masih dapat menjadi pendorong nilai kurs rupiah dan menjaga agar rupiah tidak terlalu melemah. (TrenAsia.com)

Editor: Redaksi
Bagikan

Related Stories