Liburan Imlek 2023, Presiden Jokowi Liburan ke Solo Safari

Desain salah satu wahana di Solo Safari. (Instagram Gibran Rakabuming Raka)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanfaatkan waktu cuti bersama Imlek 2023 dengan mengunjungi Solo Safari, Senin 23 Januari 2023. Kunjungan sekaligus liburan tersebut dilakukan beberapa hari sebelum soft opening Solo Safari hari Jumat 27 Januari 2023. 

Jokowi dengan kemeja putih khasnya tampak menggendong cucu, La Lembah Manah, sambil berkeliling kebun binatang. Ibu negara, Iriana Jokowi, serta Wali Kota Solo yang juga putra Presiden, Gibran Rakabuming Raka, juga terlihat mendampingi. Ada pula istri Wali Kota, Selvi Ananda, dan sang putra, Jan Ethes Srinarendra. 

Jokowi dan kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, sempat berfoto dengan Ular Sanca. Rombongan keluarga Presiden juga mengunjungi Primate Island yang berisi hewan primate seperti Siamang, Orang Utan dan Owa Jawa. Presiden Jokowi mengaku diajak Gibran untuk mengunjungi Solo Safari. 

Jokowi pun memuji perubahan kebun binatang yang dulu bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) tersebut. Presiden menilai Solo Safari dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Bengawan. 

“Saya lihat sangat bagus. Meski belum selesai tapi sudah kelihatan bakal jadi sangat bagus,” ujar Jokowi. Ditanya adakah masukan untuk Solo Safari, Jokowi enggan menjawab. “Nggak, saya hanya melihat. Soal itu tanyakan ke Pak Wali atau manajemen,” ucap Jokowi.

Sebagai informasi, saat ini baru 70% kawasan Solo Safari yang dapat dijelajahi pengunjung. Sisanya masih dalam tahap pengembangan. Manajemen Solo Safari bakal mulai membuka kunjungan umum hari Jumat. Pemesanan tiket online mulai dilayani hari Selasa 24 Januari 2023 lewat laman solosafari.id.

Solo Safari memberlakukan tiket reguler pada hari biasa (Senin-Jumat) seharga Rp30.000 untuk anak dan Rp45.000 untuk dewasa. Saat hari libur atau akhir pekan, pengelola memberlakukan tiket seharga Rp45.000 untuk anak dan Rp60.000 untuk dewasa.

Solo Safari juga memiliki layanan tambahan berupa tiket premium. Pengunjung yang membeli tiket ini akan mendapat fasilitas lounge untuk welcome drink, jalur kereta, akses langsung tanpa antrean dan tempat duduk prioritas untuk show serta restoran. 

Selisih harga tiket reguler dan tiket premium tak jauh berbeda. Untuk hari biasa (Senin-Jumat), pengelola menetapkan harga Rp50.000 untuk anak dan Rp65.000 untuk dewasa. Pada akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan hari libur, tiket premium dibanderol Rp60.000 untuk anak dan Rp75.000 untuk dewasa. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories