Mampu Kendalikan Gula Darah, Ini 4 Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

Rekomendasi Makanan Tinggi Serat Agar Tubuh Makin Sehat (unsplash.com/@susan_wilkinson)

JAKARTA - Serat adalah kandungan di dalam makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat sendiri tersusun atas selulosa, hemiselulosa, pektin, dan lignin yang terdapat dalam dinding sel tumbuhan. Serat dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan terutama dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Tubuh membutuhkan konsumsi serat yang cukup untuk memperbaiki fungsi pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatur berat badan. 

Melansir dari dr. Axe, berikut adalah sejumlah makanan yang dapat dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

1. Chia Seeds

Chia seeds mengandung serat tinggi dan nutrisi penting serta menjadikannya superfood yang bermanfaat bagi kesehatan dengan energi tambahan dan dukungan pencernaan. 

Dengan kandungan serat sebanyak 34,4 gram per 100 gram serta protein, kalsium, fosfor, mangan, omega-3, dan asam lemak omega-6, biji chia merupakan sumber nutrisi yang kaya. 

2. Flaxseeds

Flaxseeds merupakan makanan yang kaya nutrisi dengan kandungan asam lemak omega-3 nabati yang tinggi yang disebut asam alfa-linolenat (ALA). ALA merupakan sumber utama lignan, antioksidan poten, dalam pola makan manusia. 

Dengan 27,3 gram serat per 100 gram dan nutrisi tambahan seperti protein, tiamin, mangan, fosfor, magnesium, zinc, dan asam lemak omega-3, flaxseeds memberikan sejumlah manfaat nutrisi yang besar. Untuk mengonsumsinya, giling flaxseeds menggunakan penggiling kopi kecil, lalu tambahkan ke dalam smoothie, salad, atau sup.

3. Almond

Almond merupakan pilihan sehat dan rendah kalori untuk meningkatkan asupan serat setiap hari. Dengan kandungan serat sebanyak 12,5 gram per 100 gram atau 11,5 gram per 92 gram, almond juga kaya akan nutrisi penting seperti protein, vitamin E, mangan, magnesium, riboflavin, dan asam lemak omega-6. 

4. Oats

Oat adalah sumber utama serat yang berperan besar dalam kesehatan jantung berkat kandungan beta-glukan, serat yang membantu menurunkan kolesterol LDL sehingga mencegah penumpukan plak di arteri. 

Dengan kandungan serat sebanyak 10,4 gram per 100 gram, oat juga mengandung nutrisi penting seperti mangan, tiamin, fosfor, selenium, magnesium, zat besi, dan zinc.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 26 Dec 2023 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 27 Des 2023  

Editor: Redaksi Daerah
Tags seratMakananSehatBagikan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories