Manchester United Bakal Diakuisisi Taipan Inggris Sir Jim Ratcliffe

Sir Jim Ratcliffe (Daily Star)

Orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, dikabarkan tertarik membeli Manchester United (MU). Ratcliffe disebut telah mengajukan tawaran resmi untuk mengambilalih MU dari tangan Malcolm Glazer. 

Sejak November 2022 keluarga Glazer memang berniat menjual klub yang dimilikinya mulai tahun 2005 itu. Kala itu Glazer membeli 90% saham Setan Merah dengan harga 970 juta poundsterling. Glazer sudah menawarkan MU ke sejumlah pengusaha Timur Tengah meski belum ada titik terang. 

Di tengah ketidakjelasan tersebut, Sir Jim Ratcliffe tiba-tiba masuk bursa calon pemilik baru MU.  Dia terang-terangan mengutarakan niat membeli MU, klub idolanya seja kecil. Kabar Sir Jim Ratcliffe yang ingin mengakuisisi Manchester United dikonfirmasi Ineos yang merupakan perusahaan sang taipan. 

“Kami sudah secara formal mengajukan tawaran untuk membeli Manchester United,” ujar sang juru bicara kepada The Times.

Keinginan Sir Jim Ratcliffe membeli MU sejatinya bukan kabar mengejutkan. Dia sudah sejak lama berhasrat memiliki tim dengan nama besar tersebut. Ratcliffe sempat beberapa kali menawar MU di masa Glazer. 

Namun Glazer menolak menjual klubnya saat itu. Ratcliffe mengaku tak ingin menyia-nyiakan kesempatan jika ada peluang di hadapan mata. 

Meski demikian, upaya akuisisi tersebut tampaknya bakal alot. Keluarga Glazer dikabarkan mematok harga selangit untuk memuluskan transaksi. Pengusaha Amerika Serikat itu membanderol MU sebesar 6-7 miliar poundsterling atau tujuh kali lipat biaya pembeliannya dulu. 

Apakah Sir Jim Ratcliffe dengan predikat orang terkaya di Inggris bakal tetap melaju atau mundur? Sebagai informasi, Ratcliffe sempat menawar Chelsea 4,25 miliar poundsterling tahun lalu. Menarik dinanti apakah Ratcliffe berani merogoh kocek lebih dalam untuk klub favoritnya. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago
Bagikan

Related Stories