Manfaat Konsumsi Jahe, Minuman Hangat untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Mampu Hangatkan Tubuh, Inilah Manfaat dari Konsumsi Jahe (Freepik)

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing dengan tanaman jahe atau minuman jahe. Jahe memang kerap disajikan dalam sajian minuman untuk menghangatkan tubuh, apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang.

Dalam dunia tanaman obat tradisional, jahe telah menjadi salah satu yang paling terkenal sejak ribuan tahun yang lalu. Popularitasnya tidak lepas dari berbagai manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan meredakan gejala berbagai penyakit. 

Saat cuaca dingin atau hujan, minuman jahe sering kali menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh. Selain rasanya yang enak, minuman jahe juga terkenal karena khasiatnya, terutama sebagai antibiotik alami yang bisa meredakan masalah perut seperti mual. 

Namun, manfaat jahe tidak berhenti di situ saja, berikut beberapa manfaat lain yang perlu Anda ketahui, seperti yang dirangkum dari laman resmi Kemenkes.

Manfaat Konsumsi Jahe untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Reaksi Alergi

Minuman jahe dapat membantu meredakan reaksi alergi. Sifat anti-inflamasi yang dimilikinya dapat menenangkan peradangan yang timbul akibat alergi.

2. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi jahe secara teratur adalah cara alami dan sehat untuk mengurangi berat badan. Meskipun butuh penelitian lebih lanjut, minum teh jahe hangat dapat memberi rasa kenyang yang bisa membantu mengendalikan nafsu makan.

3. Mengurangi Nyeri Haid

Penelitian menunjukkan bahwa minum jahe dapat mengurangi nyeri haid. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe memiliki efek yang sama dengan obat pereda nyeri dalam mengatasi kram menstruasi.

4. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Selain nyeri haid, jahe juga terkenal dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan serta nyeri otot. Jahe juga bisa menjadi alternatif alami dalam mengatasi asam urat karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam jahe dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Minuman jahe juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan gejala maag, mencegah serangan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Meskipun minuman jahe memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetaplah bijaksana dalam mengonsumsinya dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Konsumsi jahe yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung atau mulas.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Feb 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Lihat semua artikel

Related Stories