Masjid Sirvani dan Citadel juga Roboh Akibat Gempa di Turki

Penampakan Masjid Sirvani yang terletak di Gaziantep, Turki. Masjid ini ikut rusak akibat gempa dahsyat awal Februari 2023. (pbase.com)

Ribuan bangunan di Turki roboh pascagempa berkekuatan 7,7 magnitudo yang mengguncang kedua negara itu awal pekan ini.

Masjid  bersejarah, Sirvani menjadi salah satu bangunan bersejarah di Turki yang mengalami kerusakan parah akibat gempa.

Sebagian bangunan masjid yang konon dibangin sejak abad 17 itu telah hancur. Kubah dan dinding sebelah timur masjid mengalami kerusakan parah. 

Masjid Sirvani terletak berdampingan dengan Kastil Gaziantep di Distrik Sahinbey. Kastil Gaziantep yang notabene situs warisan dunia UNESCO juga rusak parah akibat gempa.

Di Suriah, sebuah masjid tua bernama Citadel juga mengalami kerusakan berat. Kubah yang berada di dalam masjid dan di atas menara runtuh. Retakan besar juga tampak di sepanjang menara dan pintu masuk masjid. 

Masjid Citadel terletak di kota kuno, Aleppo, yang di sana juga berdiri benteng-benteng bersejarah. Salah satunya Benteng The Citadel yang ditetapkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.  

Hingga Rabu 8 Februari 2023 siang, korban meninggal dunia akibat gempa Turki-Suriah mencapai 8.364 orang. Rinciannya yakni 5.894 orang meninggal di Turki dan 2.470 di Suriah, dilansir AFP. 

Pejabat WHO belum lama ini menyebut ada kemungkinan 20.000 orang tewas dalam gempa maha dahsyat tersebut. Saat ini tim penyelamat masih mencari korban yang tertimpa reruntuhan. (TrenAsia.com)

Editor: Egi Caniago

Related Stories